Jamkesmas untuk Malinda

Menkes: Lebih Baik untuk 500 Anak Tak Mampu

Malinda Dee
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyesalkan penggunaan dana Jaminan Kesehatan Masyarakat atau Jamkesmas untuk pengobatan tahanan seperti tersangka penggelapan dana nasabah Citibank Rp17 miliar, Malinda Dee. Daripada dana Jamkesmas digunakan segelintir orang, lebih baik untuk ratusan masyarakat tak mampu.

"Padahal, bila dipakai untuk masyarakat secara umum akan lebih besar manfaatnya," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat 10 Juni 2011.

Menteri Endang mengaku harus berpikir ekstra untuk memilah penggunaan dana pengobatan yang seharusnya digunakan untuk orang-orang tak mampu itu. Skala prioritas pencairan dana menjadi prinsip utama.

"Kalau penyakit jantung, peradangan payudara, itu kan penyakit-penyakit khusus. Dan penyakit-penyakit itu biasanya tidak diderita orang tidak mampu," kata Menteri lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat ini.

Pernyataan Menteri Endang ini karena hingga kini Kementerian yang dipimpinnya belum menerima surat pemberitahuan resmi dari instansi terkait atas penggunaan dana Jamkesmas untuk Malinda. Jadi, Endang tidak tahu alasan Polri atau Kementerian Hukum dan HAM menggunakan dana Jamkesmas untuk Malinda.

"Daripada memikirkan satu atau dua orang, dana sebesar itu mungkin bisa membantu 500 anak tak mampu," kata Endang.

Penggunaan dana Jamkesmas untuk Malinda itu disampaikan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Dananya memang ditanggung pemerintah, tapi dengan standar tertentu tidak berarti semuanya dibiayai," kata Ito Sumardi, di Kementerian Hukum dan HAM, Jalan Rasuna Said, Kamis 9 Juni 2011. Malinda divonis menderita infeksi radang payudara akibat suntikan silikon. Saat ini dia dirawat oleh tim dokter bedah plastik. (eh)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024