Siami Jadi Korban Pelaksanaan Ujian Nasional

Ujian Akhir Berstandar Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menyikapi kemelut 'nyontek massal' yang ditudingkan terjadi di SDN Gadel II, Surabaya, Sosiolog Universitas Airlangga Surabaya, Bagong Suyanto menilai kedua belah pihak, baik orang tua siswa sebagai pelapor dan warga setempat sama-sama menjadi korban.

"Keduanya sebagai korban dari fenomena dunai pendidikan yang terjadi akhir-akhir ini. Karena mereka terlihat ketakutan dari pelaksanaan ujian nasional (UN)," kata Bagong, Rabu, 15 Juni 2011.

Dijelaskan, kasus SDN Gadel harus segera diseleseikan. Terutama dari sisi reaksi masyarakat. Sebab, menurutnya, jika dibiarkan berlarut-larut fenomena itu akan menjadi gunung es dan bisa merembet kemana-mana.

Menurutnya, reaksi masyarakat di sekitar sekolah dalam menyikapi permasalahan itu sangat berlebihan. Terlebih, telah mengarah ke persoalan kriminal yang dialami orangtua Alif, Siami dan Widodo. Dan, itu harus menjadi pengalaman bagi keluarga Siami.

"Pemerintah harus memberikan jaminan. Yakni, jaminan keamanan, jaminan bersekolah dengan aman. Kalau tidak maka keluarga ini akan mengalami trauma," jelasnya.

Sebelumnya, Siami tidak terima anaknya diduga 'diperalat' dengan memberikan contekan ke teman sekelasnya saat mengerjakan UN di SDN Gadel II Surabaya. Kasus itu kemudian bergulir dan menjadi perhatian publik.

Imbasnya, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini memberikan "vonis", kepala sekolah dan dua guru harus menerima sanksi penurunan pangkat 1-3 tahun dan tidak diperbolehkan menjabat sebagai kepala sekolah maupun guru. Sebaliknya, Siami dan keluarga harus menyingkir dari tempat tinggalnya karena mendapat tekanan dari masyarakat, 'diusir' dari rumahnya. Siami dituding berlebihan melaporkan pihak sekolah ke Diknas Pendidikan Kota Surabaya. Laporan : Tudji Martudji | Surabaya (adi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024