Nazaruddin Sebut MA Bagi Uang di Banggar

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin menuding sejumlah nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat terlibat dalam kasus suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games 2011.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Nama tersebut adalah anggota Komisi X Angelina Sondakh dan Wayan Koster, serta MA, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR  .

Menurut Nazaruddin, Angelina dan Wayan Koster bermain anggaran di Kemenpora. Uang itu kemudian diserahkan ke MA.

"Sama MA dibagi-bagi ke pimpinan Badan Anggaran," kata Nazaruddin dalam pesan Blackberry Messenger yang diterima VIVAnews, 17 Juni 2011.

Nazaruddin kemudian meminta penerima dana Kemenpora mendapatkan hukuman. "Yang menerima dana yang harus ditangkap, KPK jangan rekayasa kasus," ucap Nazaruddin.

Lalu apa maksud Nazaruddin menyebut tiga nama itu terlibat kasus suap di Sesmenpora?

"Yang saya ceritakan itu fakta sebenarnya. Tidak ada politik, tidak ada kebohongan," jawab Nazaruddin.

Mengenai tudingan ini, Angelina Sondakh membantah keterlibatannya. "Itu tidak benar. Saya tegaskan lagi tidak pernah saya minta jatah untuk Komisi X DPR terkait pembangunan Wisma Atlet," kata Angelina.

Angie pun siap menjelaskan ke KPK. Selain itu, mantan Putri Indonesia ini sudah menyiapkan dokumen dan data-data.

Bantahan juga diucapkan oleh Wayan Koster. "Pembahasan Wisma Atlet tidak perlu ada koordinator pengamanan. Karena dibahas secara terbuka di Komisi X. Jadi untuk apa diamankan lagi. Semuanya mendukung," ujarnya.

Hingga saat ini, MA belum bisa dikonfirmasi soal tudingan Nazaruddin. Tapi mantan anggota tim investigasi internal Partai Demokrat yang menyelidiki kasus suap Sesmenpora, Ruhut Sitompul, mengatakan MA membantah menerima dana apapun dalam kasus suap Sesmenpora.

Sebelumnya, Demokrat memang telah memeriksa empat kadernya terkait kasus suap Sesmenpora. Empat orang itu adalah Angelina Sondakh, Muhammad Nazaruddin, Mirwam Amir, juga Ketua Komisi X Mahyuddin. Menurut Ruhut, keempatnya membantah keterlibatan mereka dalam kasus suap Sesmenpora.

"Saya yang sudah bertanya langsung ke mereka. Mereka membantah terlibat," ucap Ruhut saat dihubungi VIVAnews, 17 Juni 2011.

Namun dalam pesannya Nazar menuliskan, dalam pertemuan TPF yang dihadiri Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah, Max Sopacua, Ruhut Sitompoel, Beni K Harman, Edi Sitanggang,  Angelina menjelaskan apa yang terjadi kepada TPF. "Dan setelah itu MA yang terima uang, dia jelaskan uang itu ke mana saja," tulisnya.(umi)

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024