Mereka yang Lolos dari Pedang Pancung

Ilustrasi/Aksi protes perlindungan tenaga kerja wanita di luar negeri
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Ruqoyah

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri mengungkapkan, berdasarkan data tahun 1999-2011, ada 28  kasus Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi yang terancam hukuman mati.

Berdasarkan data yang dikutip VIVAnews, dari jumlah itu hanya dua yang telah dieksekusi. Tiga kasus akhirnya berhasil dimenangkan dan terdakwa diputus bebas. Enam kasus lainnya dinyatakan lolos dari vonis hukuman mati atau memperoleh keringanan hukuman.

Kementerian Luar Negeri memaparkan sejumlah perkara TKI yang mendapat keringanan hukuman di pengadilan Arab Saudi pada periode 2009 hingga 2011, di antaranya sebagai berikut:

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

1. Sugiono Satru Ami dan Nurmakin Sabiri

Keduanya mendapatkan ampunan atau pemaafan dari keluarga korban atas kasus pembunuhan (perdata) dan mendapatkan ampunan raja atas kasus pidananya. Keduanya juga dinyatakan telah dipulangkan ke Indonesia.

2. Ahmed Fauzi

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Terancam hukuman mati karena membunuh sesama WNI di Arab Saudi. Namun, karena mendapatkan maaf dari keluarga korban, pengadilan Arab Saudi pada Oktober 2009 memberikan keringanan hukuman.

3. Darsem

Statusnya kini telah dimaafkan pengadilan dengan kewajiban membayarkan uang diyat senilai Rp4,6 miliar. Saat ini, uang diyat tersebut dalam proses pengumpulan.

Adapun 17 kasus lainnya, kini masih dalam proses pengadilan. Dalam hal ini yang sudah masuk tahap pengadilan tahap kedua sebanyak satu kasus.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Sedangkan yang sudah masuk pengadilan tahap akhir sebanyak satu kasus. Sementara itu, paling banyak masih di proses pengadilan tahap awal, yaitu 15 kasus. (umi)

Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Menjadi seorang jenderal adalah keinginan utama bagi setiap anggota TNI yang ingin mencapai puncak karier mereka. Nah, ada beberapa jenderal termuda di TNI AD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024