Pemerintah Tambah Rp840 M untuk Bencana

Antisipasi bencana lahar dingin Merapi
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Badan Anggaran DPR dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional menyepakati pencairan anggaran sebesar Rp840 milar untuk pemulihan daerah bencana. Dana itu nantinya untuk perbaikan di daerah Mentawai, Wasior, dan akibat erupsi Merapi.

Penambahan anggaran bencana ini akan disalurkan ke Kabupaten Mentawai Rp400 miliar, korban bencana Wasior Rp240 miliar, penanganan bencana Merapi Rp200 miliar. "Dua hari lalu kami telah menyepakatinya dan pembayarannya dilakukan pemerintah dalam bulan ini," kata anggota Banggar dari Komisi VIII DPR RI, Zulkarnain Jabar, di Padang, Rabu, 22 Juni 2011.

Khusus penanganan rehabilitasi Sumbar pasca gempa 2009, DPR juga telah menyetujui bantuan dana sebesar Rp700 miliar. Penyetujuan alokasi anggaran tersebut melengkapi bantuan dana Sumbar pasca gempa 2009 mencapai Rp3 triliun hingga tahun 2011.

Anggaran Rp700 M ini akan digunakan untuk perbaikan perumahan dan pembangunan gedung pasca gempa 2009. Sebanyak Rp300 miliar untuk pembangunan rumah dan Rp400 miliar untuk memperbaiki sarana dan prasana fasilitas umum. Khusus dana yang Rp400 miliar itu adalah hibah dari luar negeri.

"Sisa sebanyak Rp3,4 triliun akan dicairkan dalam alokasi APBN 2012," ujar Zulkarnain. Sebelumnya, pemerintah menyetujui untuk perbaikan Sumbar pasca gempa 2009 mencapai Rp6,4 triliun.

Laporan: Eri Naldi|Padang

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen
Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024