Patrialis Akbar Kabulkan Permintaan Yusril

Hakim Konstitusi Patrialis Akbar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, mengatakan telah melaksanakan permintaan yang dilayangkan Yusril Ihza Mahendra untuk mencabut pencekalannya.

"Jaksa Agung sudah mengirim lagi ke Kumham dengan suratnya yang baru, bahwa cekalnya diberlakukan 6 bulan, ya sudah kami laksanakan 6 bulan. Jadi apa yang diminta Pak Yusril soal surat yang lama apa itu sudah nggak berlaku ya sudah kami lakukan. Selesai kan terus mau gugat apalagi," kata Patrialis di Kementerian Hukum dan HAM, Kamis, 30 Juni 2011.

Jadi, Kemenkumham melaksanakan tugas kenegaraan termasuk pencekalan atas dasar permintaan lembaga penegak hukum yang memiliki kewenangan mencekal seseorang.

"Begini, Imigrasi ini sistemnya online, begitu ada permintaan tanpa ada disposisi dari menteri, keimigrasian langsung melaksanakan cekal asal dari instansi yang berwenang untuk itu. Jadi tanpa saya baca pun mereka langsung bekerja, karena begitu detik itu diminta cekal, detik itu langsung dilaksanakan," ujarnya.

Menurut dia, jika pencekalan menggunakan rentang waktu tentu akan jadi celah sehingga seseorang yang bakal dicekal lebih dulu pergi. "Saya memang nggak baca karena itu sudah didelegasikan kewenangannya ke imigrasi, setelah itu surat pencekalan diserahkan ke saya, nanti saya disposisi bahwa benar dilakukannya sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

Sebelumnya, Yusril melayangkan surat somasi kepada Patrialis. Yusril memperingatkan Patrialis agar dalam waktu 2x24 jam mencabut surat pelaksanaan cekal terhadap dirinya yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM.

Jika Patrialis tidak mencabut, Yusril mengaku akan mengambil langkah hukum dengan menuntut Patrialis baik secara pidana maupun perdata. Yusril menilai, langkah Patrialis telah melanggar hukum.

"Saya akan menuntut Menkumham karena melanggar Pasal 333 KUHP yakni dengan sengaja dan melawan hukum menghilangkan kemerdekaan orang," kata Yusril.

Berita soal ancaman Yusril selengkapnya, klik di sini. (eh)

Bungkam Bayern Munich, Real Madrid Tantang Borussia Dortmund di Final Liga Champions
Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Terpopuler: Mitos Fakta Lahir C-Section Seperti Ria Ricis, Trik Hindari Heatstroke saat Ibadah Haji

Berita mengenai mitos dan fakta seputar lahir C-Section yang dilakukan Ria Ricis karena kurang nafkah batin diserbu pembaca, hingga mengantarkannya di deretan terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024