Renovasi LP Kerobokan Diambil dari APBN-P

Lapas Kerobokan Denpasar, Bali
Sumber :
  • Dewi Umaryati | VIVAnews

VIVAnews - Kerusuhan yang terjadi pada Sabtu dini hari di Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar, Bali Sabtu dini hari 25 Juni lalu menimbulkan sejumlah kerusakan pada berbagai fasilitas. Kalapas Kerobokan, Siswanto sendiri mengaku sudah menghitung total kerugian dengan melibatkan pihak independen. Totalnya mencapai Rp2,89 miliar.

Atas hal itu Komisi III DPR RI berupaya untuk menganggarkan renovasi bangunan yang rusak akibat kerusuhan itu, dengan memplot anggaran melalui APBN Perubahan."Soal dana untuk perbaikan fasilitas yang rusak itu kita bicarakan nanti di DPR. Kalau bisa agar dianggarkan dalam APBN Perubahan ini," katanya, di Lapas Kerobokan, Denpasar, Bali 30 Juni 2011.

Sementara itu, terkait kelebihan kapasitas daya tampung Lapas Kerobokan, Aziz mengatakan, hampir semua lapas di Indonesia keberadaannya melebihi kapasitas, tidak saja di Bali. "Berdasarkan data, semua Lapas di Indonesia keberadaannya melebih kapasitas. Karena itu ke depannya keberadaan Lapas Nusa Kambangan, Jawa Tengah akan dioptimalkan. Karena itu segala aktivitas usaha harus dibersihkan, seperti penambangan harus dibersihkan dulu," ujarnya.

Aziz mengatakan, Nusa Kambangan akan bisa menampung narapidana dari lapas-lapas di daerah yang melebihi kapasitasnya. "Lapas Nusa Kambangan nantinya akan menjadi tempat penampung narapidana dari lapas daerah yang sudah 'over capacity'," ucap Aziz.

Sebelumnya, kerusuhan di Lapas Kerobokan yang terjadi Sabtu dini hari 25 Juni 2011 dipicu oleh aksi BNN bermaksud untuk membekuk narapidana mantan anggota Densus Polda Bali, Riyadi. Akibatnya sebagian besar bangunan mengalami kerusakan.   

Di antaranya 18 unit sarana dan prasarana lapas rusak berat yaitu enam wisma, kantor, mushala, komputer, kamera pengintai (CCTV) serta sejumlah fasilitas lainnya. Akibat kerusakan fasilitas lapas tersebut diperkirakan kerugian mencapai Rp2,89 miliar.  Laporan: Bobby Andalan| Bali

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024