Polisi Gagalkan Pengiriman 64 TKI Ilegal

TKI Ilegal yang Dideportasi dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang
Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 64 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bima, Nusa Tenggara Barat digerebek di sebuah rumah warga di Jalan Batua Raya V Nomor 10 A, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan. Puluhan warga asal Bima tersebut diduga akan dikirim ke Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia ilegal.

Menurut Kanit Reskrim Polsekta Panakkukang, Iptu Dimas Prasetyo, puluhan calon TKI tersebut digerebek di rumah Andi Wana Tawil. Mereka sudah dua hari tinggal di rumah kontrakan itu.

Dari puluhan orang itu, terdapat enam balita, 12 perempuan, dan sisanya pemuda dan lansia.

"Informasi awal, mereka dikirim untuk bekerja di kebun kelapa sawit," kata Iptu Dimas Prasetyo kepada wartawan, Jumat, 1 Juli 2011.

Ia menambahkan, polisi saat ini sedang mendalami penyelidikan siapa yang mengordinasi mereka dari Bima ke Makassar untuk kemudian dikirim ke Malaysia. Polisi, kata Dimas, curiga karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki identitas.

Sementara itu, Mukhlis, salah seorang korban mengaku mereka dijanjikan oleh perempuan bernama Santi. Tujuannya ke Nunukan melalui Kalimantan Timur. Mukhlis menceritakan, mereka berangkat secara bertahap dari Bima.

"Kami ada dua kelompok. Yang pertama tiba pada Senin lalu menggunakan KM Tilong Kabila. Selebihnya baru tiba Kamis pagi kemarin menggunakan KM Kelimutu," tutur Mukhlis yang ditemui di tempat penampungan tersebut.

Mukhlis juga mengatakan, Santi berjanji akan memberi pekerjaan sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit di Malaysia. Oleh Santi, mereka rencananya akan diberangkatkan ke Kalimantan pada Minggu 3 Juli 2011.

Namun, setelah tertangkap, Mukhlis mengaku tidak tahu nasib mereka ke depan.

"Kami ingin agar tetap diberangkatkan. Kami ingin mencari uang karena di Bima, kami tidak memiliki pekerjaan," kata dia. Saat ini, kepolisian telah memeriksa 10 orang untuk diminta keterangan. (art)

Laporan: Rahmat Zeena l Makassar

Hamil 2 Bulan, Calon Jemaah Haji di Makassar Batal Berangkat ke Mekah
Ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Wakil Indonesia Berjaya di Hari Pertama Thailand Open 2024

Empat wakil Indonesia yang menjalani pertandingan di hari pertama Thailand Open, Selasa 14 Mei 2024. Kesemuanya berhasil memetik kemenangan dalam pertandingan di Nimibutr

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024