Memaafkan Koruptor Sudah Dilakukan Pada 2002

Gayus Lumbuun
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Anggota Komisi Hukum DPR, Gayus Lumbuun, membela Ketua DPR Marzuki Alie. Menurut politisi PDI Perjuangan itu, Marzuki Alie tidak perlu disalahkan lantaran melontarkan wacana pemaafan bagi koruptor.

Karena konsep memaafkan koruptor itu sebenarnya memang ada dalam teori hukum. Lagipula itu merupakan usulan Marzuki sebagai pribadi, bukan keputusan Marzuki sebagai Ketua DPR.

"Kalau secara teoritis memang ada memaafkan koruptor," ujar Gayus di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 2 Agustus 2011. Teorinya ada? "Ada. namanya R and D yakni Release and Discharge. Itu teorinya dan itu pernah kita lakukan tahun 2002, walaupun tidak berhasil," kata Gayus.

Gayus menjelaskan bahwa sebenarnya ketika tahun 2002, MPR selaku lembaga negara tertinggi pada masa itu memerintahkan presiden untuk mengampuni para koruptor melalui TAP MPR, karena situasi keuangan negara waktu itu sangat jelek.

"Untuk mengembalikan kondisi moneter dalam negeri, maka perlu dikembalikan uang negara dan mengampuni para koruptor. Itu adalah TAP MPR 2002," kata Gayus.

"Tetapi tidak berhasil. Ujung dari persoalan adalah ketika seseorang bernama Atang Latief pernah datang ke Istana ingin membayar dan ditolak, karena memang teori itu atau konsep itu tidak bisa memang kalau hanya satu atau dua koruptor, itu harus semua koruptor. Sehingga uang negara bisa kembali dan berguna untuk negara," ujarnya.

Dengan begitu, menurut Gayus, Marzuki sebenarnya tidak salah melemparkan ide memaafkan koruptor. "Secara teoritis tidak salah, karena ada teorinya. Tetapi kan beliau tidak memutuskan," kata Gayus.

"Saat sekarang, saya juga tidak setuju untuk memberikan pengampunan itu. Pak Marzuki itu tidak bermaksud memutuskan, dia hanya melontarkan teori atau pendapat itu kan sah-sah saja. Tetapi dalam hal tindakan itu DPR bukan Pak Marzuki Alie," tambah Gayus.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024