SBY Minta Biaya Haji Ditekan Serendah Mungkin

Jemaah Haji Indonesia di Jeddah
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini memimpin rapat kabinet terkait pelaksanaan ibadah haji. Dalam pembukaan rapat kabinet, SBY juga menyinggung soal ongkos naik haji.

“Biaya haji sebisa mungkin serendah yang bisa kita capai,” kata Presiden SBY di Kantor Presiden, Kamis 11 Agustus 2011. Meski demikian SBY mengatakan, ada faktor lain yang juga di luar jangkauan tangan pemerintah terkait pelaksanaan ibadah haji.

Presiden menekankan, pemerintah harus memastikan pelayanan ibadah haji ke depannya akan lebih baik. “Mari kita timbang dari pengalaman penyelenggaranan ibadah haji tahun-tahun lalu,” kata SBY. Menurutnya, pemerintah dulu pernah menyelenggarakan ibadah haji dengan pelayanan sangat baik.

“Tapi juga pernah menyelenggarakan ibadah haji dengan pelayanan kurang baik,” ucapnya. Oleh karena itu, kata dia, pemerinah harus memperbaiki pelayanan ibadah haji. Koordinasi, imbuhnya, merupakan hal terpenting dalam penyelenggaraaan ibadah haji. “Koordinasi antara pusat dan daerah, embarkasi dan debarkasi, harus diperbaiki,” ucap SBY.

Ketidakberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan haji sela ini, kata SBY, akibat kurangnya koordinasi baik di Mekkah, Madinah, dan di Mina. Selain itu, ujar SBY, sistem informasi penyelenggaraan ibadah haji harus makin baik. “Sehingga kalau atau sesuatu, yang cepat datang bukan rumor atau desas-desus yang tidak menentu,” kata dia.

Dengan adanya sistem informasi, papar SBY dia, tentu segala persoalan menyangkut pelaksanaan ibadah haji dapat dijelaskan kepada masyarakat. “Jadi keluarga di tanah air menjadi tenang,” ujarnya. (umi)

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang
Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024