Ical: Papua Butuh Pendekatan Kesejahteraan

Aburizal Bakrie, Rapimnas NTB
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, mengatakan permasalahan di Papua tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan keamanan. Mantan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini mengatakan pendekatan yang dibutuhkan di Papua adalah kesejahteraan rakyat.

"Saat saya jadi Menko Kesra gak ada kerusuhan di Papua. Bahkan banyak anggota OPM yang bergabung kembali ke RI. Karena pendekatan yang saya lakukan adalah pendekatan kesejahteraan rakyat," kata Bakrie, yang akrab dengan sapaan Ical, saat menjawab pertanyaan salah satu peserta soal Kondisi Papua di acara peluncuran buku "Merebut Hati Rakyat" di Jakarta, 18 Agustus 2011.

Ical kemudian menceritakan pengalamannya menangai masalah kelaparan di Yahukimo. Saat itu banyak yang khwatir mengenai masalah keamanan di sana. Namun Ical yakin, saudara-saudaranya di Papua tidak akan menyerang orang yang berniat baik membantu.

"Saya datang ke sana bukan diteror tapi dipeluk dan dikasih dua ayam jago," katanya.

Lalu, kata Ical, usahanya memerangi kelaparan, mendirikan sekolah, puskesmas, dan usaha kesejahteraan lainnya didengar oleh pasukan OPM di sana. Kabar itu mengalir dari mulut ke mulut sampai mereka turun gunung.

"Mereka turunkan senjata dan menyatakan ingin bergabung ke Indonesia. Pertama menyerah 16 orang lalu 60, dan 100 orang lebih," jelangnya.

Bahkan dengan pendekatan kesejahteraan, Ical mengatakan, berhasil meyakinkan salah satu Pencetus OPM Nicolas Yoi yang jadi warna negara belanda mau bergabung kembali dengan Indonesia. "Pendektan ke Papua tidak boleh dengan keamanan. Pendekatannya harus kesejahteraan," tegasnya.

Karena itu Ical berharap pemerintah tidak menggunakan pendekatan keamanan dan kembali memperbaiki pola pendekatan Kesra. Otsus juga harus diperbaiki karena banyak yang menyampaikan ada penyimpangan. (Laporan Dian Widiyanarko)

Perdana Bareng Song Hye Kyo ke Baeksang Award, Ekspresi Song Joong Ki Jadi Sorotan
Betharia Sonata.

Leon Dozan Ungkap Betharia Sonata Alami Hal Ini Saat Terkena Gejala Stroke

Leon Dozan memberi penjelasan terkait kondisi sang ibunda, Betharia Sonata yang beberapa waktu yang lalu terkena serangan gejala stroke

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024