Terminal Padat, Pemudik Pilih-pilih Bus

Pemudik di Terminal Lebak Bulus
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ribuan penumpang arus balik tujuan Pulau Jawa masih menumpuk di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. Hal ini akibat bus angkutan lebaran jurusan Rajabasa-Bakauheni terlambat.

Dari pantauan Vivanews di Terminal Rajabasa, Lampung, Sabtu, 3 September 2011, para penumpang tersebut telah menunggu sejak beberapa jam lalu. Kebanyakan mereka menunggu di selasar terminal atau di pos polisi yang disediakan.

"Saya sudah menunggu dari dua jam lalu, tapi busnya terlambat, macet katanya," ujar Warsidi, penumpang asal Lampung Timur dengan tujuan Tangerang. Menurutnya bus-bus yang disediakan sedikit. "Bus AC dan ekonomi kayaknya sedikit, tidak banyak seperti tahun lalu," ujar pria 46 tahun yang setiap tahun mudik menggunakan bus ini. 

Kepala Pos Polisi Terminal Rajabasa, Aiptu Juju S. Atmaja, mengatakan keterlambatan bus-bus angkutan lebaran tersebut dikarenakan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Panjang macet. "Terutama di daerah sekitar tempat rekreasi pantai. Disana macet," ujarnya kepada VIVAnews.

Para penumpang, menurut Juju lebih memilih naik bus AC, walaupun bus-bus AC tersebut banyak yang mengalami kemacetan. "Kami sudah memperingatkan penumpang untuk naik bus ekonomi," tambahnya. Hari ini, jumlah bus yang diberangkatkan sekitar 500 bus.

Penumpukan penumpang juga terjadi karena pemberlakuan sistem satu jalur untuk bus ekonomi di terminal. yang menyebabkan bus-bus itu harus menunggu giliran jalan. Hal ini juga dikeluhkan para sopir bus yang harus menunggu lama.

Hingga H+3 jumlah penumpang asal Lampung yang akan ke Pulau Jawa mengalami lonjakan cukup tajam. Dari data yang dihimpun UPTD Terminal Rajabasa, jumlah penumpang mencapai 21. 851. Jumlah ini naik dari tahun lalu yang hanya 14. 840 pada H+3. Puncak arus balik ini diperkirakan akan mencapai puncaknya esok hari. (sj)

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

(Laporan: Andi Kurniawan|Lampung)

PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024