Panji Gumilang Akan Diperiksa Terkait Makar

Panji Gumilang ke Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews -- Pimpinan Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang akan kembali menjalani pemeriksaan polisi. Kali ini dalam kasus berbeda, bukan dugaan pemalsuan dokumen yang dilaporkan mantan Menteri Negara Islam Indonesia (NII), Imam Supriyanto -- yang membuatnya berstatus tersangka.

Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan Polda Jawa Tengah, terkait dugaan tindak pidana makar. "Kaitannya dengan yang enam orang itu, mau memanggil (Panji) dulu," kata dia di Mabes Polri, Senin 5 September 2011.

Anton menambahkan, pemanggilan Panji oleh Polda Jateng segera akan dilakukan. Namun, belum jelas dalam kapasitas apa ia dipanggil. "Pemeriksaan habis lebaran," tambah Anton. 

Seperti diketahui, Polda Jawa Tengah menangkap enam tersangka kasus Negara Islam Indonesia (NII) pada 23 Mei di jalan Nusa Indah No.3, Ungaran. Mereka adalah Totok Dwi Harjanto alias Nizam Sidik yang dituding sebagai Gubernur NII Jateng, kemudian ada Sulaiman, Mardiyanto, Nur Basuki, Supandi, serta Mujono Agus Salim.

Mereka telah ditahan 58 hari dan diancam dengan Pasal 107 KUHP tentang makar dengan ancaman hukuman antara 15 tahun hingga seumur hidup.

Terkait kasus ini, Polda sebelumnya mengaku membutuhkan keterangan Panji Gumilang. “Awalnya kita membutuhkan keterangan dari pimpinan Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang terkait struktur, manajemen dan keuangan NII. Namun Panji sulit dihadirkan karena sakit, dan tanpa keterangannya pun sudah memenuhi semua unsur, maka hari ini mereka kita limpahkan,” kata Wakil Direskrimum Polda Jateng, AKBP Akhmad Yudi Suwarso.

Soal keterkaitan dengan NII, Panji Gumilang berulang kali membantah. "Negara Islam Indonesia itu sudah selesai sejak Imam Sekarmaji Marijan Kartosoewiryo mengumandangkan proklamasinya, dengan tahun 1962 sudah selesai. Tidak ada. Selesai."  (eh)

Momen Prabowo Diberikan Patung oleh Jenderal Hendropriyono
Firstlook Dilan 1983

First Look Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Resmi Dirilis, Tampilkan Dilan Saat Masih Anak-anak

Prekuel dari film box office, Dilan 1990 yang berjudul Dilan 1983: Wo Ai Ni, akhirnya merilis firts look yakni foto-foto ekslusif yang tampilkan potongan-potongan adegan

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024