Terungkap, Ini Alasan Motor MotoGP Tak Pakai Starter untuk Menyalakan Mesin

Motor MotoGP milik Fabio Quartararo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta, 8 Mei 2024 –  Balapan motor MotoGP merupakan kasta pertama dalam adu cepat roda dua, dan memiliki teknologi cukup canggih. Namun, motor yang dipakai Francesco Bagnaia cs di MotoGP tidak ada yang memakai starter untuk menyalakan mesinnya.

Marc Marquez Semakin Nyaman di Persaingan Juara Dunia MotoGP 2024

Mesin prototipe dan kombinasi elektronik yang terbaik, menjadikan sebuah motor MotoGP merupakan motor paling mutakhir. Tapi, ada satu komponen yang dimiliki oleh motor-motor umum jalan raya yang tidak dimiliki oleh sebuah motor MotoGP.

Yakni, starter untuk menyalakan mesin. Rata-rata cara menyalakan motor MotoGP tidak menggunakan starter untuk menyalakannya.

Pembalap Ini Bertarung Seperti Singa Tapi Tetap Dikalahkan Marc Marquez

Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat sesi tes MotoGP 2024 di Qatar

Photo :
  • instagram.com/vr46racingteam

Dikutip VIVA Otomotif dari berbagai sumber, biasanya motor MotoGP menggunakan roller starter yang terletak di ban belakang yang berguna untuk menyalakan sepeda motornya.

SIM C1 Mulai Berlaku Hari Ini, Intip Bedanya dengan SIM C

Setelah starter mulai memutar roda belakang, gigi masuk dan kopling dilepas untuk menghidupkan mesin, biasanya metode ini diterapkan saat akan keluar pit dari garasi.

Cara lainnya untuk menyalakan adalah dengan mendorong motor dan para pembalap melompat sebelum motor melaju. Ini yang sering terlihat ketika pembalap crash dan mau ikut balapan lagi, motor didorong oleh marshal.

Terkadang juga para pembalap berdiri di atas pijakan kaki motornya sebelum duduk di jok sehingga membangkitkan friksi sehingga membuat ban berputar saat mereka melepas tuas kopling sebelum motor dinyalakan.

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia

Photo :
  • Twitter: PeccoBagnaia

Kemudian, ada cara lainnya yang dipelopori oleh pabrikan Ducati, yakni menggunakan crankshaft starter, dengan cara starter-nya tinggal ditempelkan ke crankshaft motor MotoGP dan mesin akan menyala.

Salah satu alasannya lagi dengan tidak menggunakan starter konvensional adalah berat komponen starter itu sendiri. Komponen starter, milik motor konvensional dan aki yang juga cukup berat jika ditempatkan di sebuah motor MotoGP.

Dengan begitu, tidak menggunakan starter konvensional membuat sebuah motor MotoGP menjadi lebih ringan untuk bertarung di lintasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya