Marc Marquez Mimpi Buruk Aleix Espargaro di MotoGP Catalunya Sebelum Pensiun

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez
Sumber :
  • AP Photo/Eric Gay

VIVA – MotoGP Catalunya 2024 menjadi momen perpisahan Aleix Espargaro di ajang adu kebut para raja tersebut. Namun saat balapan berlangsung di Sirkuit de-Barcelona, Marc Marquez menjadi mimpi buruknya.

Marc Marquez Bisa Secepat Ini Jika Pakai Motor Francesco Bagnaia

Aleix Espargaro berusaha tampil maksimal di tanah kelahirannya setelah mengumumkan pensiun di tahun ini. Dia menjadi yang tercepat saat sprint race, atau juara satu dengan catatan waktu 20 menit 1.478 detik.

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro

Photo :
  • Crash.net
Ducati Menyesal Pernah Kontrak Valentino Rossi, Berbeda dengan Marc Marquez

Kecepatannya juga tidak terbendung ketika babak kualifikasi, atau latihan bebas. Alhasil saat balapan berlangsung pembalap Aprilia Racing itu start dari urutan pertama, atau pole position.

Tapi sayangnya persaingan sengit terjadi ketika race, Aleix Espargaro disalip oleh Jorge Martin, Pedro Acosta, dan Francesco Bagnaia, hingga menjelang putaran akhir dia berada di urutan ke-4, dibuntuti Marc Marquez.

Belum Bisa Move On, Pengganti Marc Marquez Masih Misterius

Hingga tersisa 4 lap lagi, baby alien menyalip pembalap Aprilia Racing itu dengan mendekatinya di lintasan lurus sebelum manuver. Padahal jika posisinya dibiarkan, Espargaro bisa meraih podium menjadi juara tiga.

Tapi sayangnya semua pembalap mencari kemenangan, dan poin. Sehingga tidak ada toleransi dari baby alien untuk tidak menyalip pembalap paling tua di MotoGP tersebut. Atas hal tersebut, MM93 meminat maaf.

Bahkan pembalap Gresini Racing itu sempat ragu-ragu mendahuluinya, karena dia anggap bisa menyalipnya di beberapa putaran namun karena kondisi ban lembut yang digunakan, maka take over dilakukan menjelang lap akhir.

“Saat saya menyalip Espargaro, saya bisa. Saya menyalipnya, saya mencoba untuk melaju lebih kencang tapi bannya sudah habis. Tapi saya bisa mempertahankan posisi, jadi saya sangat senang,” ujar baby alien dikutip MotoGP.com, Senin 27 Mei 2024.

Setelah mengubur kenangan manis Espargaro di balapan terkahirnya di Catalunya, juara dunia 8 kali itu meminta maaf, namun di lain sisi dia sangat senang karena sirkuit tersulit bisa dikuasainya meski start dari posisi ke-14.

“Saya minta maaf kepada Espargaro karena ini adalah balapan terakhirnya di Catalunya. Tetapi Anda tahu, saya senang karena di sirkuit yang sulit kami kembali menjadi yang terbaik,” sambungnya.

Marc Marquez yang naik podium, atau juara tiga di MotoGP Catalunya, memiliki selisih waktu 10.491 detik dari Francesco Bagnaia sebagai juara satu, dan Aleix Espargaro di urutan keempat punya selisih 10.543 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya