Pilot Labil, Susi Air Stop Operasi di Papua

Pesawat Susi Air
Sumber :

VIVAnews - Maskapai penerbangan Susi Air menghentikan seluruh penerbangan di Papua. Kebijakan sementara ini menyusul kecelakaan yang menimpa salah satu pesawat Susi Air di kawasan itu, 9 September 2011. Kebijakan berlaku hingga kondisi psikologis para pilot pulih.

"Secara psikologis, para pilot belum memungkinkan terbang di kawasan itu, karena mereka semua memiliki kedekatan dengan para korban," kata Gunanjar dari Bagian Operasional Susi Air kepada VIVAnews, Minggu malam, 11 September 2011.

Penghentian penerbangan untuk sementara itu berlaku sejak Sabtu lalu. Kebijakan ini awalnya juga berlaku untuk penerbangan Susi Air di wilayah Medan, Sumatera Utara. "Di daerah lain sudah normal, hanya untuk di Papua yang masih belum," katanya.

Dalam jumpa pers akhir pekan lalu, pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengatakan bahwa sejumlah pilot dan kru terpengaruh secara emosional oleh dua kecelakaan yang terjadi beruntun. “Bagi siapapun kru yang terpengaruh, kami beri day-off,” ujar Susi.

Susi mengatakan, penerbangan Susi Air di Papua adalah yang terbesar di Indonesia. Setidaknya ada 22 pesawat Susi Air yang melayani penerbangan di wilayah Papua, baik kargo maupun penumpang.

Pesawat Susi Air jenis Caravan C 208 B pk-VVE yang berangkat dari Wamena ke Kenyem di Pegunungan Papua, jatuh di Distrik Pasema Kabupaten Yakuhimo, Papua, Jumat lalu. Pesawat yang dipiloti warga negara Australia, Dave Cootes, dan co-pilot asal Slovakia, Thomas Munk, jatuh saat mengangkut solar dan sejumlah barang lain.

Masih di hari yang sama, pesawat Susi Air yang berangkat dari Kabupaten Sabu Raijua menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur, tergelincir saat akan mendarat di Bandara El Tari, Kupang. Pesawat itu mengalami pecah ban belakang. Namun dua penumpang dan dua kru yang berada dalam pesawat tersebut, tidak mengalami cedera. (ren)

Penjualan Sepeda Motor April 2024 Anjlok 28 Persen
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki rencana akan memanggil pengacara Febri Diansyah, dalam sidang kasus korupsi Syahrul Yasin Limpo

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024