Siapa Penyelundup Uang Gayus ke Penjara?

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Terpidana mafia pajak, Gayus Tambunan mengaku tertipu Rp4 miliar oleh seorang tahanan bernama Muntoha. Gayus menyerahkan uang itu dengan iming-iming bisa dilipatgandakan.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta, Bambang Krisbanudi Gayus uang yang diserahkan kepada Muntoha itu dalam bentuk dollar Singapura. Menurut dia, Gayus mengaku menyerahkan uang senilai SIN$600 ribu kepada Muntoha secara bertahap.

"Yang pertama itu diserahkan sebanyak 29 lembar dan yang kedua 31 lembar. Semua dalam pecahan 10 ribuan, sehingga jumlahnya ada 60 lembar," kata Bambang kepada VIVAnews.com, Kamis 15 September 2011.

Bambang mengaku pihak lapas belum mengetahui bagaimana uang sebanyak itu bisa berada di tangan Gayus Tambunan yang sedang menjalani hukuman di dalam penjara. Menurut dia, kemungkinan uang itu diberikan kepada Gayus saat jam besuk tahanan.

"Uang itu kan tipis banget, kalau cuma 60 lembar kita kan susah mendeteksi. Bisa saja itu dibilang uang milik pembesuk," kata dia.

Pihak Kementerian Hukum dan Ham sendiri, kata Bambang, kesulitan untuk melacak siapa yang memberikan uang sebanyak itu ke Gayus Tambunan. "Siapa orang yang menyelundupkan itu, kami tidak tahu," kata Bambang.

Penelusuran terhadap orang yang memberikan uang kepada Gayus itu mengalami jalan buntu. Karena, kata Bambang, Gayus bungkam saat ditanya siapa yang memberikan uang tersebut. "Gayus tidak mau menyebutkan," kata dia.

"Kalau Gayus bilang lupa kan susah mencarinya. kalau dia ingat tanggalnya kapan, kita bisa melihat siapa yang membesuk dan kemungkinan memberikan uang itu." (eh)

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024