Hatta Rajasa:

Belanja APBN Harus Muat di Situs Kementerian

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa,menyatakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memberantas korupsi. Salah satu diantaranya adalah mengedepankan transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Langkah ini, ujar Hatta, adalah salah satu tindak konkrit pencegahan korupsi sistemik. Sistemik yang dimaksudnya ialah mengedepankan tindakan pencegahan terlebih dahulu. "Jangan sampai terjadi dulu," ujarnya pada Sabtu, 17 September 2011.

Transparansi APBN, lanjutnya, dapat diwujudkan dengan menayangkan semua rencana belanja APBN pada situs kementerian masing-masing. Dengan begitu masyarakat bisa mengakses dan melihat langsung setiap rencana pengunaan anggaran.

"Apa yang akan dibelanjakan, masyarakat melihat. Misalkan kementerian ini mau beli mobil, harganya di dalam itu sekian. masyarakat sudah tahu masa mobil sekian, harganya sekian," tuturnya.

Cara ini menurutnya sah-sah saja, karena dalam undang-undang APBN ditekankan mengenai transparansi dokumen APBN. "Itu sudah menjadi dokumen publik, publik berhak mengetahui," kata Hatta.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024