Sultan Berharap Tak Ada Politik Uang di Yogya

Pemilu Legislatif 2009: Sultan Hamengku Buwono X
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Sri Sultan Haming Kubuwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan hak suaranya dalam pemilihan Walikota Yogyakarta di tempat pemungutan suara (TPS) yang terletak di komplek Keraton Yogyakarta.

Dari pantauan, sejak pukul 08.00 WIB, TPS 10 Panembahan sudah ramai didatangi warga. Sultan beserta istrinya GKR Hemas dan para kerabat Keraton, datang bersama enam anggota Parlemen Australia dan didampingi Ketua KPU DIY untuk melihat pesta demokrasi di Indonesia, khususnya di kota Yogyakarta.

Dalam pesan singkat setelah memberikan hak suaranya, Sultan mengimbau kepada warga Yogyakarta supaya mengutamakan kejujuran dalam memilih pemimpin untuk periode 2011-2016.

"Masyarakat agar mengutamakan kejujuran, dan kepada para calon supaya jangan sampai ada money politics," jelasnya.

Tiga kandidat akan bersaing memperebutkan kursi calon walikota dan wakil walikota adalah Zuhrif Hudaya dan Aulia Reza yang diusung PKS dan Gerindra dengan nomor urut 1.  Kandidat nomor urut 2, Hanafi Rais dan Tri Harjun Ismaji (Fitri) diusung PAN, Partai Demokrat dan PPP. Dan Haryadi Suyuti dan Imam Priyono dengan nomor urut 3 yang diusung PDIP dan Partai Golkar.

Dari data KPU, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu kali ini sebanyak 322.872 orang. Mereka akan menggunakan hak suaranya di 838  Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan ditunggu hingga pukul 13.00 WIB.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Hingga kini pelaksanaan di Yogya masih berjalan aman dan tidak ada gangguan berarti. Ada sekitar 1.210 personel polisi yang dikerahkan guna mengawal pesta demokrasi ini.Laporan: Erick Tanjung| Yogyakarta (adi)

Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024