Wabah Blewah, RI Harus Karantina Buah dari AS

Panen blewah
Sumber :
  • Antara/ Bhakti Pundhowo

VIVAnews - DPR mengimbau pemerintah melakukan karantina secara ketat buah-buahan dari Amerika Serikat yang diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Di negeri itu, bakteri dalam blewah ini  sudah merenggut 13 nyawa di Colorado.

"Saya kira untuk antisipasi, harus ada karantina yang ketat terhadap buah-buahan yang berasal dari negara yang mengalami wabah kontaminasi," kata Ketua Komisi IV DPR bidang Pertanian, Romahurmuziy, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Menurut politisi yang akrab disapa Romy ini, pelarangan impor terhadap produk makanan sudah pernah dilakukan. Misalnya seperti daging sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku.  "Tentu tidak tertutup kemungkinan berlaku pelarangan impor kepada negara yang saat ini sedang terjangkit wabah," kata pria yang juga Sekretaris Jenderal PPP ini.

Kendati demikian, Romy menegaskan perlu ditelisik lebih dalam apakah Indonesia mengimpor buah blewah dari Amerika. Bila memang ada, maka perlu segera dilakukan karantina terhadap produk yang sudah masuk Indonesia.

"Rekomendasikan kepada Dirjen Perdagangan Luar Negeri di Kementerian Perdagangan untuk segera terbitkan larangan impor sampai waktu yang tidak ditentukan, khusus terhadap negara yang sedang mengalami wabah itu," kata dia.

Romy menekankan perlu adanya penelitian ulang apakah wabah itu hanya menyerang varietas spesifik, blewah yang spesifik. Apakah wabah itu bisa menyerang blewah jenis lain atau juga buah lain? "Misalnya yang kita larang blewah dari Amerika Serikat, tapi ternyata kemudian sudah bergeser ke Melon dari Amerika. Itu kan repot, karena kita ada impor Melon California," kata dia.

Sejauh yang Romy ketahui, Indonesia tidak mengimpor blewah dari Amerika. Karena pasokan dalam negeri untuk jenis tersebut sudah sangat cukup. Dan kebutuhan blewah di dalam negeri juga tidak terlalu besar. "Karena blewah bukan buah favorit Indonesia," kata dia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan terdapat sekitar 800 kasus Listeria di AS setiap tahunnya. Sejak Juli 2011, sudah 18 negara bagian yang melaporkan adanya wabah Listeria, dengan korban berjatuhan di Texas, New Mexico, dan Maryland.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024