Festival Layang-layang Hiasi Langit Yogya

Festival Layang-Layang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ratusan wisatawan memadati pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melihat festival layang-layang tingkat nasional yang digelar oleh Dinas Pariwisata, DIY. Festival yang digelar selama dua hari, Sabtu hingga Minggu 8-9 Oktober 2011 itu diikuti oleh 27 peserta lokal maupun nasional.

Menurut Ketua Panitia Festival, Awiek Rossprayitno, festival ini merupakan kegiatan ke-11 kali sejak 2001. Tak hanya dari Yogyakarta, peserta berasal dari Solo, Magelang, Cilacap, dan Surabaya.

Ada dua kategori layang-layang yang dilombakan yaitu dua dimensi yang layang-layangnya flat dan tiga dimensi dengan total hadiah Rp15 juta.

"Para peserta itu bersaing menarik perhatian juri dengan karya mereka mulai dari kerumitan bentuk, aplikasi warna, dan gerakan layang-layang di udara," paparnya.

Dalam festival ini, animo masyarakat tiap tahunnya meningkat. Tak hanya anak-anak, festival ini juga dinikmati orang dewasa. Bukti lainnya yaitu harga layang-layang juga meningkat mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ukuran layang-layangnya maksimal 3 m x 2,5 m dan hanya bisa diterbangkan dengan angin laut. (Laporan: Juna Sanbawa l Yogyakarta-art)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024