Istana: UU Intelijen Jamin Bebas dari Teror

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Istana menyambut baik pengesahan Undang-undang Intelijen. Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan undang-undang tersebut sudah lama diajukan.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Tentu ini yang sangat baik bagi kepentingan negara dan bangsa karena operasi intelijen memerlukan payung hukum," kata Julian, di Bina Graha, Selasa 11 Oktober 2011.

Menurut dia, dengan disahkannya undang-undang tersebut, diharapkan intelijen dapat bekerja secara maksimal tanpa melanggar hak asasi manusia. "Dengan ditetapkannya undang-undang ini, maka komunitas intelijen dapat bekerja lebih cepat dan maksimal dalam membantu kemanan dalam negeri," ucapnya.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dia menambahkan undang-undang ini mengatur apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan intelijen, termasuk mengatur sanksi hukumnya. Juga ikut diatur soal penyadapan di luar kewenangan yang ditetapkan dalam undang-undang tersebut. 

"Tidak perlu dikhawatirkan akan ada sesuatu tindakan di luar kewenangan intelijen," kata dia.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Selain itu, UU Intelijen juga memungkinkan adanya pengawasan dari negara atas berbagai tindakan intelijen yang di luar kewenangan yang diberikan. "DPR telah sepakat untuk menjadikan undang-undang ini sebagai alat untuk menjamin negara bebas dari ancaman teroris," katanya. (kd)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024