Walikota Bekasi Bebas

Satgas: Ada Indikasi Awal Praktik Mafia

Denny Indrayana
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum memberikan atensi khusus kepada vonis-vonis bebas yang menjerat terdakwa kasus korupsi. Termasuk kasus Walikota Bekasi Mochtar Muhammad yang bebas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

"Tentu vonis macam ini yang indikasi awalnya ada praktik mafia hukum atau kasus lain yang ada indikasi awal ada praktik mafianya. Kami punya kriterianya," kata Sekretaris Satgas, Denny Indrayana, di diskusi reformasi penegakan hukum, Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Menurut Denny, ada beberapa kasus lain yang juga menjadi perhatian Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum. Tentunya, kata dia, Satgas memiliki langkah-langkah tertentu untuk pemberantasan mafia hukum.

"Strateginya tidak semua bisa disampaikan. Tapi kami selalu berkoordinasi, bekerjasama dengan penegak hukum lain. Utamanya KPK untuk memberantas mafia," kata Denny yang juga Staf Khusus Presiden Bidang Hukum up dan ini.

Sebelumnya, Denny menegaskan bahwa ada informasi awal yang menyebut salah satu hakim yang membebaskan Mochtar Muhammad pernah menjadi tersangka kasus korupsi. Tetapi, Mahkamah Agung membebaskan yang bersangkutan.

"Tapi itu satu informasi yang sangat berharga untuk ditindaklanjuti," kata Denny.

Bukan kali ini saja Pengadilan Tipikor Bandung membebaskan terdakwa korupsi. Pengadilan Tipikor Bandung juga sudah memvonis bebas Bupati Subang Eep Hidayat.

Eep didakwa korupsi biaya pemungutan pajak bumi dan bangunan Kabupaten Subang senilai Rp14 miliar. Vonis itu dijatuhkan pada  Agustus 2011. Kemudian, pada September 2011, Pengadilan Tipikor juga membebaskan Wakil Walikota Bogor, Ahmad Ruhiyat dari dakwaan korupsi sebesar Rp6,8 miliar.

Terakhir, terdakwa yang dibebaskan adalah Mochtar Muhammad yang didakwa korupsi APBD Bekasi. Bedanya, dua kasus pertama diajukan oleh kejaksaan, sedangkan kasus Mochtar Muhammad diajukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. (sj)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024