Kraton Yogyakarta Gelar Siraman Pengantin

Gusti Raden Ajeng Nur Astuti Wijareni dan Achmad Ubaidillah
Sumber :
  • Dokumen Keluarga

VIVAnews - Berbagai prosesi telah dilakukan Kraton Yogyakarta menjelang pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Bowono X, Gusti Raden Ajeng Nur Astuti Wijareni, dengan Achmad Ubaidillah. Pada Senin, 17 Oktober 2011, Kraton Yogyakarta menggelar prosesi siraman mempelai.

Menurut Koordinator Panitia Keraton, KRT. Yudha Hadiningrat,  sang mempelai wanita, Gusti Raden Ajeng Nur Astuti Wijareni, telah menjalani prosesi ini pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB di Bangsal Sekar Kedaton Kaputren. Jadwal ini dipercepat dari jadwal semula, yaitu pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, Achmad Ubaidillah menjalani prosesi siraman pada pukul 09.00 WIB di Bangsal Kesatrian. Prosesi ini dipimpin oleh sang Ratu, GKR. Hemas. "Prosesi ini untuk membersihkan lahir dan batin mempelai sebelum menjalani pernikahan besok," kata Yudha di kompleks Kraton Yogyakarta.

Setelah itu, lanjut dia, prosesi akan dilanjutkan dengan tantingan. Yaitu, Sultan bertanya kepada sang putri apakah siap dan bersedia menikah. "Kalau bilang siap, ya, jadi menikah. Kalau tidak siap, ya, bisa batal," urainya.

Pernikahan ini akan digelar Selasa, 18 Oktober 2011. Sejumlah pejabat dijadwalkan akan menghadiri pernikahan putri bungsu Raja Yogyakarta ini. Diantaranya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Ketua DPR, 20 menteri KIB II, Ketua MK, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta

Hotman Pandapotan Siahaan (kanan)

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

PDIP Sumbar menang gugatan atas kadernya yang menggugat pencopotan sebagai anggota DPRD dan digantikan PAW

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024