Mantan Kepala Densus 88 Jadi Humas Polri

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -  Markas Besar Kepolisian telah memutasi beberapa perwira yang menduduki jabatan penting dalam institusinya.

Salah satunya adalah mantan Kepala Densus 88, Irjen Pol Saud Usman Nasution, yang akan menggantikan Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri. Sebelumnya, Saud menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Polri.

Pergantian jabatan ini berdasarkan Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/2044/x/2011 tertanggal 19 Oktober 2011 yang ditandatangani Kepala Kepolisian Jenderal Pol Timur Pradopo.

Sementara itu, Anton akan menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Sarana dan Prasarana. Namun, Anton enggan menjelaskan lebih lanjut soal Telegram Rahasia ini. "Iya sudah dengar, nanti saja, dicek dulu," kata Anton di Markas Besar Kepolisian RI, Rabu 19 Oktober 2011.

Dalam Telegram Rahasia itu, ada beberapa posisi penting yang juga dirotasi. Diantaranya Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri dirotasi menjadi Wakil Kapolda Bali menggantikan I Komang Udayana yang telah pensiun. Sementara posisi Yoga akan digantikan oleh Brigjen Mochammad Taufik yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Madya Sespim Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol).

Dalam TR itu, ada juga beberapa Kepala Polisi Daerah yang diganti. Yaitu Kapoda Jambi diserahkan kepada Brigjen Pol Anang Iskandar yang menggantikan Bambang Suparsono yang kini menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya.

Sedangkan Kapolda Lampung kini dijabat oleh Brigjen Pol Jodie Rooseto yang menggantikan Brigjen Pol Sulistyo Ishak. Jodie Rooseto sebelumnya menjabat sebagai Karodalpers SSDM Polri. Sementara Sulistyo dimutasi ke Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

Sementara Brigjen Pol Yovianes Mahar yang dulu menjabat Wakapolda Jabar kini menjabat Irwil II Itwasum Polri. Sementara Yovianes digantikan oleh Kombes Pol Hengkie Kaluara yang sebelumnya menjabat sebagai Sesropaminal Divpropam Polri. Posisi Hengkie digantikan Kombes Pol Fakhrizl yang sebelumnya menjabat Kabagdumas Rorenmin.

Selain itu, Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri yang dijabat Brigjen Pol Ike Edwin digantikan oleh Inspektur Pengawasan Daerah Polda Metro Jaya Kombes Pol Noer Ali. Ike dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

Sementara yang sudah memasuki masa pensiun, diantaranya Koordinator Staf Ahli Kapolri, Irjen Pol Edward Aritonang, diganti oleh Irjen Pol Alex Bambang Riatmodjo yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Ekonomi. Sementara Asisten Kapolri Bidang Sarana dan Prasarana, Irjen Pol Yudi Susharyanto, diigantikan oleh Irjen Pol Anton Bachrul Alam.

Artis Jebolan KDI Asal Lombok Jadi Tersangka Perdagangan Orang, Total Uang Korban Rp260 juta
Teuku Ryan

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Netizen terlihat mengomentari sikap Teuku Ryan dan adiknya yang dinilai tak pantas. Komentar di video tersebut juga ternyata sampai ke Ria Ricis

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024