Luhut Panjaitan: Papua Butuh Kajian Mendalam

Gerbang masuk Pusat Perkantoran dan Perumahan Freeport di Timika, Papua
Sumber :
  • Antara/ Spedy Paereng

VIVAnews - Letnan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan keamanan di Papua perlu penanganan serius. Menurut mantan Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat itu, jika kejadian kekerasan berulang-ulang di Papua tak ditangani baik, akan berdampak negatif bagi Indonesia secara internasional.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

"Seperti orang mempunyai persepsi Indonesia tidak mampu menangani keamanan dalam negerinya karena orang kan tidak tahu berapa jauh Papua dari Jakarta," ujarnya usai membuka pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan Kader Bangsa Fellowship Program di Hotel Millenium, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2011.

Menurut Luhut, untuk penanganannya, pemerintah harus melakukan studi yang lebih dalam lagi secara antropologi mengenai penanganan masalah di Papua.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

"Dulu di Timor Timur juga pernah kita lakukan studi antropologi mengenai penanganan masalah di Timtim. Di sini pun saya pikir karena ini masalah yang sudah terlalu lama, perlu pemerintah lebih serius lagi melakukan penanganannya, bukan hanya sekadar dana yang telah dituangkan pemerintah ke sana yang ternyata juga tidak menyelesaikan masalah. Tentu ada masalah-masalah mendasar yang perlu secara antropologis dilakukan pengkajian-pengkajian lebih dalam," kata mantan menteri di era Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Selain itu, pemerintah, gubernur, polisi, dan militer harus segera menetapkan status Papua. "Mengenai peningkatan status di Papua, saya kira itu tergantung dari penguasa di Papua karena mereka yang lebih tahu bagaimana keadaan terakhir di sana," katanya.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024