Gunung Lokon Meletus, Semburkan Asap Kelabu

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews - Aktivitas Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara masih tinggi. Sore ini pukul 17.19 WITA, terjadi letusan asap dari puncaknya.

"Terjadi letusan asap kelabu tebal 1.200 meter dari kawah, tertiup angin ke arah Barat Daya," kata Kepala Pusat data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 26 Oktober 2011.

Asap, tambah dia, menjauh dari pemukiman yang terletak 3 kilometer dariĀ  Kawah Tompaluan. "Letusan diikuti lontaran material pijar sejauh 800 meter di sekitar Kawah Tompaluan," tambah dia.

Letusan pertama, jelas Sutopo, disusul letusan kedua pukul 17.30 WITA dengan ketinggian asap letusan 500 meter dari Kawah Tompaluan. "Hingga kini letusan asap terus berlangsung. Tidak ada laporan tentang korban jiwa," kata dia.

Sutopo menambahkan, status Lokon tetap Siaga. "Daerah aman di luar 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan," tambah dia.

Menurut sejarahnya, Gunung Lokon pernah meletus dahsyat pada tahun 1991. Pada saat itu, seorang pendaki gunung asal Swiss menjadi korban keganasan Lokon. Ia tewas dan jasadnya tak ditemukan, karena tertimbun debu.Tak hanya itu, ribuan warga harus merelakan rumahnya terlahap lahar. (umi)

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin
VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Aksi Pro-Palestina di AS, Joe Biden: Tidak Boleh Ada Anti-Yahudi

Menanggapi semakin banyaknya aksi yang membela kemerdekaan Palestina di Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan bahwa antisemit (anti-Yahudi) tidak memiliki tempat di AS.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024