TNI Terus Pantau Gerakan Makar di Papua

Laksamana TNI Agus Suhartono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Laksamana Agus Suhartono mengatakan pihaknya terus memantau gerakan-gerakan di Papua. Dia berharap gerakan yang mengarah ke makar itu tidak berkembang menjadi luas.

"Saya sudah berusaha agar tindakan makar di sana itu tidak menjadi berkembang," kata Agus di Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Menurut dia, TNI sangat berhati-hati dalam mengamati gerakan-gerakan di Papua itu. "Kami juga sangat hati-hati. Kita ikuti terus mudah-mudahan tidak berkembang," kata dia. "Saya minta pada rekan-rekan media untuk membantu kita agar penanganan di sana cepat diselesaikan."

Terkait keamanan Papua yang memanas, Agus menyatakan TNI belum berencana menambah kekuatannya di provinsi paling timur itu. "Tidak ada penambahan, kita gunakan satuan kewilayahan," kata dia.

Sebelumnya, Komandan Satuan 81 Kopassus, Kolonel (Inf) I Nyoman Cantiasa mengatakan siap diturunkan untuk menyelesaikan permasalahan di Papua jika ada gerakan kelompok tertentu yang dianggap makar. "Kalau memang sudah mengarah ke makar, mau tidak mau harus kita hadapi," kata Nyoman. "Kalau dia sudah tidak mau diatur, tidak mau dalam bingkai NKRI, atas perintah pimpinan kita akan selesaikan." (adi)

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia
Hotman Pandapotan Siahaan (kanan)

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

PDIP Sumbar menang gugatan atas kadernya yang menggugat pencopotan sebagai anggota DPRD dan digantikan PAW

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024