Demo, Mahasiswa Sandera Mobil Camry Pejabat

Ribuan demonstran Hari Antikorupsi di Jalan Tol Reformasi Makassar
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews -- Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2011 di Makassar diwarnai aksi unjuk rasa. Salah satunya, demo sekitar 30 mahasiswa Universitas 45 yang digelar di bawah jembatan fly over.

Meski jumlahnya relatif sedikit, aksi mahasiswa memacetkan arus lalu lintas. Apalagi, mereka sempat menyandera mobil plat merah yang melintas.

Mobil pertama yang dihadang adalah sebuah Camry hitam yang melintas di lokasi pengunjuk rasa. Mobil itu diduga milik Sekda Kabupaten Gowa.

Saat mobil melintas, mahasiswa tiba-tiba menahannya. Mereka memaksa menjadikan mobil mahal itu sebagai panggung orasi. Camry tersebut juga sempat ditendang, mahasiswa berusaha menaiki bagian kap mobil depan. Aksi mahasiswa membuat emosi pengemudi mobil -- seorang pria berpakaian rapi, hingga nyaris terjadi adu pukul. "Ini mobil dari Gowa, dilarang melintas karena bukan areanya. Ini Makassar," kata salah satu mahasiswa.

Untung, niat demonstran dihalangi petugas kepolisian, hingga terjadi aksi saling dorong mahasiswa-polisi.

Mobil plat merah ke dua yang dihadang adalah sebuah APV. Meski tak bisa menjadikannya panggung orasi, para demonstan mencopot platnya, menendang, lalu melipat-lipatnya. Antisipasi polisi membuat mobil tak sempat disandera.

Belum ada demonstran yang diamankan terkait insiden itu. Meski menurut informasi, demo itu tak berizin. "Kami melakukan pengawasan termasuk melarang mahasiswa menyandera mobil karena menganggu pengemudi lain yang melintas. Ini jalan raya, semua berhak melintas," kata salah satu polisi.

Sebelumnya koordinator aksi, Hendra mengatakan, mereka turun ke jalan untuk menyampaikan tuntutan dan kekecewaan pada pemerintahan SBY-Boediono.

Selain mahasiswa dari Universitas 45, gabungan mahasiswa dari sejumlah universitas sudah berkumpul di jalan dekat fly over. Jumlah demonstran diperkirakan meningkat drastis usai Salat Jumat. (eh)

Laporan: RHA | Makassar

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024