Bocoran Pertanyaan untuk Calon Pimpinan KPK

Seleksi calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan kembali menjalani masa sidang besok, Senin, 14 November 2011. Beberapa tugas menanti anggota dewan di antaranya seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Anggota komisi III DPR Ahmad Yani mengungkapkan komisi III DPR baru akan melanjutkan seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) satu pekan lagi.

"Seleksi calon pimpinan KPK mulai tanggal 21-28 November 2011. Itu nanti kami seleksi tiap hari satu orang calon," kata Ahmad Yani kepada VIVAnews, Minggu, 13 November 2011.

Pada 24 Oktober lalu, 8 orang dinyatakan lolos menjadi calon pimpinan (Capim) KPK dan sudah menjalani tahapan seleksi makalah di DPR. Ahmad Yani menyatakan hasil dari pembuatan makalah sudah digandakan dan diberikan kepada masing-masing fraksi sebagai bahan penilaian dan bahan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Capim KPK.

"Terserah masing-masing fraksi nanti penilaiannya seperti apa," ujarnya.

Politisi PPP itu pun sedikit memberikan bocoran pertanyaan seleksi Capim KPK. Menurutnya tiap calon nantinya akan ditanyakan bagaimana melakukan upaya pencegahan dan penindakan korupsi. Selain itu juga soal koordinasi dan supervisi dengan penegak hukum lainnya.

"Kami melihat juga cara mereka merumuskan permasalahan dan bagaimana menyelesaikannya," terangnya.

PPP sendiri kata Yani sudah mewawancarai secara resmi lima Capim KPK diantaranya Bambang Widjojanto, Abdullah Hehamahua, Yunus Husein, Abraham Samad dan Adnan Pandu Praja. "Tiga orang lainnya belum karena keburu reses nanti kalau masih ada waktu juga kita panggil," imbuhnya. (umi)

Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024