BNPB: Banjir Jawa Tidak Akan Separah Bangkok

Para biksu berjalan di jembatan Bangkok, Thailand.
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan banjir besar kemungkinan akan melanda Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Namun, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo menyatakan banjir ini tidak akan separah yang dialami Thailand.

"Tidak mungkin seperti Bangkok karena banjir Thailand dan Filipina itu dipengaruhi siklon tropis," kata Sutopo dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Kamis 17 November 2011.

Secara alami, jelasnya, siklon tropis atau badai tropis ini tidak akan melanda Indonesia. "Dia ada di daerah-daerah di atas 10 Lintang Utara dan 10 Lintang Selatan. Ini termasuk Thailand dan Filipina. Sedangkan Indonesia itu ada di 6-11 lintang," jelasnya. Kalaupun ada daerah di Indonesia yang berpotensi terimbas badai tropis adalah Nusa Tenggara Timur.

Dia menilai siklon tropis saat ini makin sering terjadi karena dipengaruhi pemanasan global. "Banjir besar di Bangkok masih bisa terjadi lagi karena musim hujan baru mulai. Siklon tropis masih mungkin terjadi lagi," ujarnya.

Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Cicilannya Rp3 Jutaan

Kemarin, LAPAN memperkirakan 98 kabupaten dan kota di Pulau Jawa akan terendam banjir pada Desember 2011 hingga Januari 2012. Banjir diprediksi terjadi di dataran, khususnya di daerah cekungan, bantaran sungai, dan daerah yang secara alamiah sering terjadi banjir.

Banjir dan longsor di Pulau Jawa tentu dapat menimbulkan korban dan kerugian yang besar, sebab sekitar 120 juta jiwa tinggal di sini dan menempati daerah-daerah rawan bencana. (kd)

Teuku Ryan Balas Tudingan Body Shaming Ria Ricis: "Dia Juga Pernah Komentari Penampilan Saya!"
Ahn Yu Jin dan Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun dan Ahn Yu Jin Dapat 'Popularity Award' di Baeksang Arts Award 2024

Salah satu momen paling memukau dari acara ini adalah pemberian Penghargaan Popularitas Prizm kepada dua bintang paling bersinar, yakni Kim Soo Hyun dan Ahn Yu Jin.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024