Polri: Persoalan Nunun Wewenang KPK

Nunun Nurbaeti di KPK (Kerudung Biru)
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Setelah buron berbulan-bulan, tersangka kasus cek pelawat Nunun Nurbaeti berhasil ditangkap di Bangkok, Thailand. Tim penyidik KPK dan sejumlah aparat kepolisian pada Sabtu malam, 10 Desember 2011, akhirnya membawa Nunun ke KPK.

Terkait itu, Mabes Polri melalui Kadiv Humas Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan semua persoalan tentang istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun tersebut sudah menjadi wewenang penyidik KPK.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

"Jadi semua permasalahan yang menyangkut Ibu Nunun nanti akan dituntaskan oleh KPK dalam proses penyidikannya," kata Saud di Jakarta, Minggu 11 Desember 2011.

Dalam kesempatan itu, Saud memberikan apresiasi atas keberhasilan aparat memulangkan Nunun. Dia mengatakan hal itu berkat kerjasama Interpol, dan juga mekanisme police to police dengan kepolisian Thailand.

"Sehingga yang bersangkutan melalui pendekatan secara baik, dapat melaksanakan ending over dan segera bisa dikembalikan ke Indonesia, dalam rangka proses selanjutnya," ucap Saud.

Saud mengaku tidak mengetahui apa yang dilakukan Nunun pada saat penangkapan. Dia hanya mengetahui proses penyerahan Nunun kepada aparat Indonesia yang dilakukan di dalam pesawat.

"Jadi mereka minta pada petugas kita yang menjemput di sana, yakni duta besar, atase kepolisian dan imigrasi yang ada di Bangkok untuk melaksanakan ending over dalam pesawat. Untuk teknis di sananya, kita akan menunggu perkembangannya dari penyidik KPK yang diberangkatkan ke Thailand dan melaksanakan proses ending over itu," katanya.

Nunun sendiri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004 ini pada Mei 2011. Keterlibatan Nunun dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ini beberapa kali disebut dalam persidangan terdakwa Dudhie Makmun cs.
Dalam persidangan terungkap bahwa cek pelawat yang diterima Dudhie cs berasal dari Nunun melalui Arie Malangjudo.

Namun, Nunun tak kunjung bisa dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus itu. Bahkan saat beberapa anggota dewan juga duduk di kursi pesakitan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Nunun tak kunjung berhasil ditemukan. Nunun raib setelah beralasan sakit dan berobat ke luar negeri.

Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024