Gamawan: Soal GKI Yasmin Ada Titik Terang

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan sudah melihat titik terang dalam masalah Gereja Kristen Indonesia di Taman Yasmin, Bogor. Titik terang itu muncul dari pertemuan pekan lalu.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

"Perkembangan GKI Yasmin, minggu lalu sudah pertemuan dengan pihak terkait, kami melihat titik terang, mudah-mudahan minggu ini ditindaklanjuti," kata Gamawan di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta hari ini. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat persoalan ini bisa disepakati," kata Gamawan.

Sebelumnya, Perwakilan Dewan Gereja Sedunia, Pendeta Nababan berharap konflik GKI Yasmin dengan warga sekitarnya cepat diselesaikan. Selain itu, dia juga meminta Pemkot Bogor mematuhi keputusan Mahkamah Agung (MA) dan ombudsman  terkait polemik GKI Yasmin yang masih berlarut-larut penyelesaiannya.

Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri

Sebelumnya, Walikota Bogor Diani Budiarto yang membatalkan izin mendirikan bangunan (IMB) GKI Taman Yasmin beraudiensi dengan Majelis Ulama Indonesia. MUI yang tak mendengarkan keterangan pihak jemaat gereja menguatkan alasan Walikota menolak bangunan gereja di lokasi yang sekarang yang tak sesuai prosedur.

Padahal, MA telah menyatakan bahwa IMB gereja tersebut sah sehingga GKI Yasmin boleh didirikan di kompleks perumahan Taman Yasmin itu. Bahkan, Ketua MA Harifin Andi Tumpa mengatakan Walikota Bogor harus melaksanakan putusan MA terkait kisruh GKI Taman Yasmin tanpa syarat.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Menurut Harifin, jika Walikota Bogor tidak melaksanakan putusan MA terkait GKI Yasmin, justru dapat membuat kerukunan umat beragama disorot dunia internasional. (eh)

Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024