Banjir Bandang di Wonosobo, Satu Tewas

Banjir di Pesisir Selatan , Sumatra Barat
Sumber :
  • ANTARA/ Junisman

VIVAnews - Sebanyak 627 warga Dusun Ngesong, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terpaksa mengungsi setelah rumah mereka diterjang banjir bandang yang terjadi pada Minggu siang, 18 Desember 2011.

Kejadian ini juga menyebabkan korban jiwa. Seorang warga ditemukan meninggal dunia setelah terseret banjir yang datang sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana, lima warga mengalami luka serius dan saat ini sedang menjalani perawatan. Dan lima warga luka ringan.

"Sebanyak 13 rumah hanyut, tujuh diantaranya rusak berat. Warga yang rumahnya rusak, mengungsi di balai desa setempat," kata Sarwa kepada VIVAnews.com.

Pendataan mengenai kerugian dan korban masih terus dilakukan. Pemerintah daerah telah berkoordinasi untuk melakukan tanggap bencana sebagai upaya penanganan darurat. Seluruh kemampuan logistik sudah dikerahkan.

"Penanganan memang terkendala hujan dan gelap malam hari. Di lokasi bencana masih turun hujan," katanya.

Dijelaskan Sarwa, curah hujan tinggi yang terjadi di Desa Tieng, menyebabkan kawasan perbukitan ikut longsong. Tanah yang terseret air kemudian menghantam dan menghanyutkan rumah warga.

"Naik naik ke daratan tapi tidak tinggi. Rumah yang dekat dengan bantara sungai yang terbawa," katanya.

Evakuasi terhadap warga yang rumahnya rusak akibat terkena banjir masih terus dilakukan. BPBD konsentrasi terhadap warga yang mengungsi. (ren)

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024