Jembatan Kukar Runtuh

Korban Baru, Kondisi Jenazah Tinggal Tulang

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Korban runtuhnya Jembatan Kartanegara Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah menjadi 23 korban tewas. Tim evakuasi lokal berhasil menemukan 1 lagi jenazah yang mukanya tak bisa lagi dikenali karena sudah berupa tengkorak. Namun, pakaian kaos milik jenazah masih jelas terlihat meski tertutup lumpur.

Hasil identifikasi jenazah oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Kaltim menyebutkan, jenazah berupa tengkorak itu bernama Taufik bin Nanang Jastam.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Jenazah merupakan pekerja isi ulang air mineral. Dia ditemukan sekitar pukul 10.30 WITA sekitar 10 meter dari jembatan runtuh. Saat ditemukan, di dalam saku korban ada sebuah handphone. Identifikasi dilakukan berdasarkan keterangan keluarga korban dan ciri-ciri yang diberikan oleh keluarga.

"Jenazah sudah teridentifikasi dan diserahkan ke keluarganya," kata Koordinator DVI Kaltim, AKBP Budi Haryadi, Senin, 19 Desember 2011.

Temuan tambahan jenazah ini cukup mengherankan. Sebab, kondisi jenazah sudah tinggal tulang tanpa kulit. Budi memperkirakan, jenazah kemungkinan mengapung karena arus deras di bawah atau karena di perutnya masih ada gas. Bagian kulit perut jenazah memang sudah tak ada lagi. Tapi, organ dalam tubuhnya masih menempel.

"Ini sudah hari ke-24. Memang agak mengherankan masih mengapung. Kemungkinan karena arus yang berputar di bawah atau gas di dalam perutnya," kata perwira melati dua itu.

Budi melanjutkan, pengenalan jenazah berdasarkan gigi dan properti yang digunakan oleh Taufik. Korban tewas ketika ditemukan menggunakan baju kaos bertuliskan "DUMAN". Celana jeans pendek warna biru bertuliskan "VOLCOM".

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Namun, properti paling utama yang menjadi dasar identifikasi adalah telepon genggang (handphone) korban yang berwarna hitam. Tim DVI membuka handphone dan mengambil kartu SIM di dalamnya untuk mencari nomor telepon keluarga korban.

"Kami hubungi ternyata match. Keluarga meyakinkan bahwa jenazah itu adalah Taufik," pekerja di CV Air Swarga Jl Mulawarman RT 2 No 40, Kecamatan Tenggarong. Laporan: Ikram| Kutai Kartanegara (adi)

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024