Temui Adang, Penyidik KPK Langgar Kode Etik?

Adang Daradjatun Gelar Jumpa Pers di Kediamannya
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa pertemuan yang dilakukan empat penyidiknya dengan mantan Wakil Kapolri Komjen (purn) Pol. Adang Daradjatun pada akhir Desember 2010 tidak melanggar aturan kode etik.

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan pertemuan dengan suami tersangka Nunun Nurbaetie itu dilakukan atas sepengetahuan dan seizin pimpinan KPK. "Pertemuan itu dalam rangka tugas dan diketahui oleh pimpinan," kata Johan Budi di kantor KPK, Selasa, 20 Desember 2011.

Menurutnya, pertemuan tersebut dilakukan untuk menggali keterangan dari Adang selaku orang terdekat Nunun. Namun, terkait pernyataan penyidik KPK kepada Adang yang mengindikasikan Miranda Goeltom merupakan pemberi uang suap kepada anggota Komisi IX DPR RI periode 1999-2004, Johan menyebutnya sebagai "bagian dari teknik penyidikan".

Johan menolak anggapan bahwa pernyataan penyidik KPK tersebut dikategorikan upaya membocorkan materi penyidikan kasus.

"Memang ada teknik-teknik penyidikan untuk memperoleh informasi, apalagi Pak Adang kan dekat dengan Ibu Nunun. Konteks itu bisa saja dalam rangka mencari informasi," ujar Johan.

Seperti diketahui, Adang pernah mengungkapkan bahwa dia sempat didatangi empat penyidik KPK di kediaman pribadinya di Cipete, Jakarta Selatan pada 30 Desember 2010. Mereka berinisial RS, N, R, dan I. Kepada wartawan, Adang membeberkan rekaman pembicaraan dia dengan keempat penyidik itu. (kd)

Wang Deshun Kakek 87 Tahun yang Jadi Model di China

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Wang Deshun, seorang kakek berusia 87 tahun yang dikenal sebagai aktor dan model fashion, mencuri perhatian pada tahun 2015 dengan tampil di panggung catwalk.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024