Kasus Nunun Nurbaetie

KPK Belum Akan Panggil Lagi Bos Artha Graha

Bambang Widjojanto
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi enggan menanggapi keterkaitan Bank Artha Graha dalam pembelian 480 lembar cek pelawat yang belakangan digunakan untuk menyuap anggota DPR demi memenangkan Miranda Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. KPK menutup rapat informasi soal ini.

"KPK posisinya gini, kami tidak mau menyebut satu pihak siapa yang terlibat, karena ini mempengaruhi hasil dan proses," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu 21 Desember 2011.

Menurut Bambang, KPK meminta publik dan media untuk mengerti soal ini. Terutama soal pengembangan teknis penyidikan kasus. Karena, kata dia, tidak semua informasi bisa dibeber ke publik.

"KPK sedang melakukan penyidikan fakta yang semua kita dapat, menggali informasi yang paling mungkin, tapi tidak semua dibuka-buka seperti itu. Kalau dibuka-buka gimana dong?" kata Bambang.

Hingga kini, KPK belum akan memeriksa lagi bos Artha Graha dalam kasus yang membelit Nunun Nurbaetie Daradjatun, istri mantan Wakapolri Komjen Purnawirawan Adang Daradjatun itu. KPK masih terus mengungkap kasus yang sudah membuat 26 anggota DPRmasuk bui.

"Semua yang sedang dilakukan KPK adalah bagian dari kehendak kuat masyarakat dan seluruh penegak hukum untuk menegakkan apa yang harus ditegakkan di bumi ini," kata dia.

Teka-teki asal cek perjalanan yang diterima anggota Komisi Keuangan dan Perbankan periode 1999-2004 sudah terkuak. Pejabat Bank International Indonesia mengungkapkan bahwa cek perjalanan yang dikeluarkan BII atas permintaan Bank Artha Graha.

"Pada 8 Juni 2004 kurang lebih pukul 9 pagi, ada telepon dari Bank Artha Graha. Mereka pesan 480 lembar nilainya Rp 24 miliar," kata Kepala Seksi Traveller Cheque BII, Krisna Pribadi, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat 26 Maret 2010 silam.

Direktur Utama Bank Artha Graha, Andy Kasih, sudah pernah diperiksa penyidik KPK dalam kasus ini. Pemeriksaan Andy Kasih dilakukan pada 3 November 2010. (umi)

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Pesan Mengharukan Shin Tae-yong untuk Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merasakan dua perasaan berbeda, senang dan sedih saat timnya lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024