Tanam 11 Juta Pohon, Jabar Raih Rekor Muri

gerakan tanam pohon
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Penanaman 11 juta batang pohon oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat memecahkan rekor Muri sebagai penanaman pohon terbanyak dalam program penghijauan. Sabanyak 11 juta pohon itu di ditanam secara serentak di 26 kabupaten/ kota.

“Jawa Barat menembus rekor yang awalnya di pegang oleh Sulawesi Selatan pada 2010. Dengan penanaman tujuh juta pohon secara serentak di 24 kabupaten/kota, 191 kecamatan dan 1.133 desa,” kata Ketua Ttim Penilai Muri, Awan Raharjo di Desa Datar Nangka, Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, Selasa 27 Desember 2011.

Piagam penghargaan untuk Jabar ini diberikan kepada Gubernur Ahmad Heryawan saat pencanangan Gerakan Jawa Barat Hijau Berbasis Sekolah (Green School).  

Penanaman 11 juta pohon di 26 kabupaten dan kota, 556 kecamatan dan 4356 desa secara serentak itu dilakukan hari ini. “Hasil penilayan kita dan pemantauan tim kita yang berada di kawasan lain, gerakan ini memang dilaksanakan secara bersamaan. Otomatis Jawa Barat sekarang memegang rekor dalam kategori superlatif menggeser Sulawesi selatan,” ujar Awan.

Penghargaan Superlatif merupakan kategori khusus yang terbesar dan serentak dilakukan meski tidak dalam satu wilayah yang sama, namun dalam satu komando langsung di lapangan. Kategori Superlatif sudah dikeluarkan oleh Muri sejak tahun 2008 dan pertama kali dipegang oleh Bali dengan penanaman 6.000 batang pohon sejenis secara serempak.

Sementara itu, Ahmad Heryawan berharap penghargaan ini bias memotifasi masyarakat, terutama para pelajar yang merupakan agen perubahan di era global warming ini. “Saya bepesan agar ini tidak jadi program semu. Penanaman ini harus terus dilakukan dan di pantau. Saya minta tingkat tumbuhnya pohon ini tidak kurang dari 90% agar tidak sia sia,” tegasnya. (permadhi)

Lahan kritis

Program tanam pohon di Jabar ini bukan tanpa alasan. Sekitar 111 hektare lahan di jabar dalam kondisi kritis. “Kondisi ini memprihatinkan, kita berupaya untuk menghijaukan Jawa Barat tanpa henti dengan berbagi program penanaman pohon secara terus menerus. Bila sesuai rencana dua tahun kedepan semua lahan kritis Jawa Barat akan tertanami pohon,” kata Heryawan.

Dia mengakui pertumbuhan populasi penduduk Jawa Barat belum seimbang dengan kondisi alam yang ada saat ini. ”Kita akan upayakan terus memenuhi kebutuhan udara segar di Jawa Barat salah satunya dengan penanaman 11 juta pohon yang dilaksanakn serentak di 26 kabupaten kota hari ini,” ungkpanya.

Penanaman pohon ini merupakan bagian dari target pemerintah Jabar untuk menanam satu miliar pohon hingga tahun depan. Jumlah ini masih akan diupayakan untuk ditingkatkan setiap tahunnya. Sesuai dengan kebijakan baru mengenai kewajiban daerah untuk menyediakan ruang terbuka hijau yang ditegaskan dalam setiap peraturan mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW) dari tingkat provinsi hingga kota kabupaten.

Untuk penanaman di kabupaten Sukabumi pemerintah provinsi Jawa Barat menyiapkan 6000 bibit pohon keras yang ditanam serentak oleh 5000 pelajar dari tingkat SD hingga SMU dibantu berbagi Ormas, OKP, LSM dan Dinas terkait.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Heryawan mengharapkan pelajar sebagai agen perubahan untuk menghijaukan Jabar. Terlebih, kini pemanasan global makin terasa karena kurangnya pohon di muka bumi. "Insya Allah, hari ini secara serentak di Jabar ditanam sebanyak 11 juta batang pohon," tandasnya. Laporan: Eka Permadhi l Sukabumi

Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024