Jawa Tengah Nomor 2 Potensi Bencana Nasional

Peta zona rawan bencana di Jawa Tengah
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id

VIVAnews – Sepanjang tahun 2011 ini, tercatat ada 511 bencana alam yang melanda Provinsi Jawa Tengah. Data tersebut dihimpun dari awal Januari hingga September 2011. Tahun 2012 mendatang, bencana alam di Jateng diprediksi akan bertambah.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Jateng, Sarwa Pramana. “Yang terdata baru sampai bulan September. Padahal bencana lain banyak terjadi di bulan November serta Desember ini,” kata Sarwa usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Semarang, 27 Desember 2011.

Dalam indeks bencana yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana pusat, terang Sarwa, Jateng menduduki peringkat kedua dalam daftar daerah berpotensi bencana terbesar secara nasional.

“Indikasi itu terlihat dari kejadian, struktur geografis, hingga mitigasi bencana. Dari pendataan kejadian bencana sejak tahun 1618, tren kejadian bencana di Jateng meningkat dalam tiga tahun terakhir,” papar Sarwa.

Dari 511 bencana yang terjadi tahun 2011 ini di Jateng, banjir adalah kejadian bencana terbanyak yang melanda provinsi itu. Banyaknya bencana di Jateng membuat anggaran penanggulangan bencana di Jateng meningkat dari Rp11 miliar pada tahun 2011, menjadi Rp17 miliar pada tahun 2012 mendatang.

Laporan : Puspita Dewi | Semarang, umi

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024