Bentrok Warga Kembali Terjadi di Maluku

Kerusuhan Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Bentrok antar warga di Kabupaten Seram Bagian Barat provinsi Maluku kembali lagi terjadi. Kali ini melibatkan warga negeri Luhu dan Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Bentrokan terjadi tadi malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews.com, penyebab bentrokan bermula dari perkelahian sejumlah anak muda. Kemudian menjadi perkelahian massa yang melibatkan warga kedua wilayah itu.

Akibat peristiwa tersebut, kurang lebih lima rumah warga dibakar. Puluhan orang yang berasal dari kedua desa bertetangga itu mengalami luka-luka. Kebanyakan korban luka akibat terkena panah wayar.

Korban luka akibat bentrokan warga Negeri Luhu dan Iha, dibawa ke Rumah Sakit Umum Al-fatah Ambon. Para korban semuanya adalah warga Negeri Luhu. Mereka terluka akibat terkena anak panah.

Sebagian orang anak panah masih tertancap di tubuhnya. Untuk mengeluarkan anak panah dari tubuh pasien ini kata para tenaga medis perlu operasi.

Di RS Al-Fatah, Rabu 28 Desember 2011 sore ini, banyak warga Luhu yang berkediaman di Ambon membesuk para korban.

“Kami harap aparat keamanan harus bertindak cepat untuk mengusut akar persoalan yang mengakibatkan terjadinya bentrokan antar kedua negeri itu,” ungkap salah satu warga Luhu yang tak mau disebutkan namanya saat berbincang dengan wartawan, Rabu 28 Desember 2011.

Sementara, kondisi keamanan di lokasi kejadian sudah terkendali. Polda Maluku juga telah menerjunkan puluhan anggota Brimob Polda Maluku, dan Polres Seram Bagian Barat, yang saat ini tengah menuju lokasi kejadian.

Akibat bentrokan, sarana umum seperti saluran komunikasi di daerah tersebut putus, begitu juga dengan fasilitas transportasi. Seluruh aktivitas pendidikan maupun aktivitas perkantoran lumpuh.

"Kami telah mengirimkan bantuan Brimob langsung ke TKP menggunakan jalur darat maupun jalur laut untuk mengamankan kedua negeri yang bentrok. Jumlah korban belum bisa dipastikan, tapi yang kami dengar korban luka banyak,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kompol John Huwae kepada wartawan.

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Laporan: Angkotasan | Ambon, umi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024