2011, 17 Orang Tewas Karena Naik Atap Kereta

Polisi Khusus Kereta Api minta penumpang di atap kereta turun
Sumber :
  • Antara/ M Agung Rajasa

VIVAnews - Sepanjang tahun 2011 lalu tercatat sedikitnya 37 penumpang kereta api mengalami kecelakaan karena memanjat atap kereta api. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Penertiban PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 Akhmad Sujadi.

Akhmad menjelaskan, dari 37 penumpang itu, enam di antaranya tewas tersetrum listrik aliran atas. Sementara yang meninggal dunia akibat terjatuh sebanyak 11 orang. Penumpang yang mengalami luka berat sebanyak 15 orang dan lima orang lainnya mengalami luka ringan.

Rata-rata mereka yang mengalami kecelakaan berada di lintasan Jakarta - Bogor. Secara hukum, kata Akhmad meski mereka memiliki tiket, namun bagi penumpang yang terjatuh atau mengalami kecelakaan di atap KRL tidak akan mendapatkan asuransi dari PT KAI.

"Tapi secara iba, kami akan memberikan santunan kepada korban," kata Sujadi di Stasiun Cikini, Jakarta Pusat, Selasa 3 Januari 2012.

Akhmad mengatakan, belum lama ini, seorang PNS jatuh dari atas KRL di Depok. "PNS-nya enggak meninggal, tapi temannya yang meninggal. Itulah risikonya naik di atap KRL. Kalau enggak terjatuh, ya gosong tersetrum," kata dia.

Akhmad mengatakan, sejak 2009, grafik kecelakaan penumpang di atap KRL mengalami penurunan. "Yang paling banyak itu tahun 2008, yang meninggal saja sampai 53 orang," kata dia.

Sejak 1 Januari 2012 lalu, PT KAI sudah memberlakukan sosialisasi penertiban penumpang di atap KRL. Beberapa pencegahan pun akan dilakukan PT KAI, di antaranya memermanenkan penampar halilintar yang semula terbuat dari fiber, kini diganti dengan besi.

"Kami juga akan pasang Goaltrain (semacam gawang di antara tiang listrik), dan memasang kawat berduri pada teralis di beberapa stasiun. Goaltrain dan penampar halilintar harus diselesaikan Januari ini," kata Akhmad.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024