Menhan: Belum Tentu Penembak di Aceh Eks GAM

Korban penembakan di Aceh Besar
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan pelaku rentetan penembakan di Aceh belum tentu bekas anggota Gerakan Aceh Merdeka atau GAM. Meskipun, senjata yang digunakan dalam beberapa aksi penembakan itu, mirip dengan yang pernah digunakan oleh anggota GAM.

"Belum tentu bekas anggota GAM, karena senjata bisa dipakai oleh siapa pun kan," kata Purnomo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 6 Januari 2012.

Menurut dia, pelaku penembakan di Aceh menggunakan senjata AK-47. Jenis senjata itu pula yang dulu digunakan oleh kelompok GAM untuk bergerilya di Aceh. "Memang kita tahu di Aceh masih banyak senjata yang harus diserahkan kepada kita," kata Purnomo

Purnomo mengatakan, insiden penembakan di Aceh itu masih dalam ranah keamanan publik, sehingga kewenangan penanganannya masih berada di pihak kepolisian. "Yang terpenting ini masih di dalam ranah keamanan publik. Biarlah ini ditangani oleh kepolisian," ujarnya. "Ini masih strictly kriminal."

Sebelumnya, Imparsial meminta polisi mempublikasikan hasil forensik proyektil senjata yang digunakan untuk menembak. Menurut dia, jika polisi mengungkap hasil uji balistik, kata dia, maka penembak misterius itu akan terungkap.

"Polisi tidak pernah mengungkapkan hasil balistiknya, apakah itu dari TNI, Polri atau senjata gelap," kata peneliti Imparsial Swandaru. (eh)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024