Tjahjo Kumolo Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Meski masih 1,5 tahun lagi, syahwat politik dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 sudah mulai menjadi perbincangan. Meski banyak jago PDI Perjuangan di Jawa Tengah, nama Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo mencuat.

"Saudara Tjahjo Kumolo menyatakan kesiapannya maju dalam bursa pemilihan gubernur Jateng 2013," kata Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PDIP, Adi Rustanto, Senin 9 Januari 2012.

Adi mengaku sudah bertemu dengan Tjahjo Kumolo untuk membahas soal Pilkada Jawa Tengah. PDI Perjuangan sendiri memiliki banyak kandidat di Jawa Tengah. Sebut saja Gubernur Jawa Tengah incumbent, Bibit Waluyo.

Bibit maju atas dukungan PDI Perjuangan. Begitu pula nama yang semakin populer Walikota Solo, Joko Widodo. Dua nama yang santer akan bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

Tetapi, kata Adi, hampir menjadi rahasia umum bahwa Bibit Waluyo dan Joko Widodo kerap memunculkan perbedaan pendapat yang tajam. "Tentang Pak Bibit yang saat ini masih menjadi gubernur, biar Ibu Megawati selaku Ketua Umum yang memberikan penilaian," ujar Adi yang juga anggota DPRD Bidang Pemerintahan dan Hukum di Komisi A ini.

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Adi menambahkan, dengan munculnya nama Tjahjo Kumolo, diharapkan seluruh eksponen partai akan memberikan dukungan. "Saya berani menyebut mas Tjahjo hendak maju karena beliau sudah bertemu langsung dengan saya dan menyatakan sikapnya," ujar Adi.

Tjahjo Kumolo saat ini masih menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang juga Sekretaris Jenderal PDIP. Tjahjo juga masih duduk di kursi anggota Komisi I Bidang Luar Negeri dan Pertahanan DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah I.

Laporan: Puspita Dewi, Semarang, eh

Proses evakuasi korban tewas akibar banjir dan longsor di Luwu. (Foto: Basarnas Sulsel).

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Jumlah korban tewas akibat banjir dan longsor menimpa Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, bertambah. Kini sudah sebanyak 13 orang. Seorang korban lansia baru ditemukan tim.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024