Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Pemain Timnas Indonesia U-23 Muhammad Ferarri
Sumber :
  • AFP/KARIM JAAFAR

VIVA – Timnas Indonesia U-23 membuat kejuatan di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar 15 April - 3 Mei 2024 lalu. Tampil sebagai debutan, skuad Garuda Muda berhasil melaju hingga babak semifinal.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Pasukan Shin Tae-yong pun menjadi tim peringkat keempat setelah kalah dari Irak 1-2 pada laga perebutan tempat ketiga dengan skor 1-2.

Selama turnamen, pelatih Shin Tae-yong sempat beberapa kali mengeluhkan wasit. Seperti saat dikalahkan Qatar 0-2 di babak penyisihan dan ketika dikalahkan Uzbekistan di semifinal juga dengan skor 0-2.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Di media sosial, para netizen juga menyampaikan protes, bahkan hingga meramaikan kolom komentar wasit yang memimpin pada laga itu.

Selain dari itu, beberapa video juga berseliweran di media sosial, khususnya tiktok. Yang paling menjadi sorotan adalah video yang menarasikan Timnas Indonesia U-23 didukung megabintang Portugal, Christian Ronaldo dan Megabintang Argentina. Lionel Messi dalam pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 melawan Uzbekistan.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Keputusan VAR kontroversial yang terjadi pada laga tersebut dianggap tidak adil bagi timnas Indonesia. Dalam video tersebut, dinarasikan Ronaldo dan Messi membela timnas Indonesia atas kecurangan tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “INDONESIA benar2 sedang menjadi perhatian Dunia, CR7 dan LEOnel Messi juga bela Indonesia”

Lantas, benarkah Ronaldo dan Messi bela Indonesia atas kecurangan wasit? Berdasarkan penelusuran, unggahan tersebut adalah video YouTube adidas Football yang berjudul “WHEN ZINEDINE ZIDANE MET LIONEL MESSI” yang diunggah pada 9 November 2023. 

Dalam wawancara tersebut, Lionel Messi dan Zinedine Zidane mengungkapkan kekagumannya terhadap satu sama lain.

Selain itu, narator dalam video tersebut membacakan artikel perihal Exco PSSI Singgung Wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-Udom”. 

Dalam artikel tersebut, tidak ada narasi Ronaldo dan Messi bela Indonesia atas kecurangan wasit.Jadi, faktanya adalah video tersebut hoax alias bohong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya