Gubernur Aceh Tolak Usul Daerah Tertib Sipil

Irwandi Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Anggota Komisi III DPR RI melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf untuk membahas situasi terkini di Aceh menyangkut penembakan menjelang Pilkada. Beragam usulan dan wacana dilontarkan menyikapi aksi teror bersenjata di Aceh belakangan ini.

Dalam pertemuan itu sembilan anggota Komisi III berdialog dengan Gubernur Aceh dan meminta pemerintah Aceh menjamin keberlangsungan Pilkada berjalan aman dan damai. Malah salah seorang anggota Komisi III mengusulkan, jika perlu status Aceh diberlakukan sebagai daerah tertib sipil.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menolak wacana itu. Menurut Irwandi, kondisi keamanan di Aceh saat ini sangat kondusif dan tidak seseram dalam pemberitaan di media.

"Tidak perlu memberlakukan tertib sipil. Saya masih jalan sendiri kemana-mana, tidak apa-apa," kata Irwandi di hadapan para anggota Komisi III di ruang kerja Gubernur Aceh, Rabu, 11 Januari 2012.

Menurut Irwandi, polisi juga kini semakin siaga sehingga mampu mempersempit ruang bagi pengacau untuk kembali beraksi. Mereka juga telah memperketat keamanan bagi warga pendatang.

"Tidak perlu berlebihan. Aceh tidak seseram yang dibayangkan," katanya.

Irwandi mendesak polisi segera mengungkap motif sekaligus menangkap pelaku serangkaian aksi penembakan yang terjadi di Aceh. Kata dia, aksi penembakan di Aceh tak terkait politik seperti yang disampaikan sejumlah pengamat di media.

"Sejauh ini kami masih yakin masalah ekonomi.  Kalau dikatakan politik apa buktinya? Apa faktanya? Jangan-jangan saya lebay, sedikit-sediki sudah politik," ujarnya. (eh)

Laporan : Riza Nasser | Aceh

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke
Ketum PSI Kaesang Pangarep, Pembekalan Calon Legislatif Terpilih PSI di Jakarta,

PKB Sebut Relawan Prabowo-Gibran Ambilkan Formulir Pendaftaran Pilwalkot Bekasi Buat Kaesang

PKB Kota Bekasi mengatakan Kaesang Pangarep mengambil formulir pendaftaran calon wali kota. Formulir diambilkan langsung oleh Relawan Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024