Suap Wisma Atlet

Rosa Manulang: Angie Terima Rp5 Miliar

Angelina Sondakh Diperiksa KPK
Sumber :

VIVAnews - Terpidana suap di Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Mindo Rosalina Manulang alias Rosa mengatakan politikus Demokrat, Angelina Sondakh telah menerima sejumlah uang terkait proyek pembangunan wisma atlet SEA Games Palembang.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Keterangan itu dia ungkapkan saat bersaksi untuk terdakwa Muhammad Nazaruddin di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin 16 Januari 2012.

"Ibu (Angelina Sondakh) sudah menerima. Karena dia sudah tidak kontak-kontak saya lagi," ujar Rosa yang juga sebagai anak buah Nazaruddin di PT Anak Negeri.

"Waktu itu kantor mengeluarkan Rp10 miliar. Sebanyak Rp5 miliar untuk Angie, Rp5 miliar sisanya saya tidak tahu yang mulia, sebab kalau tidak (diberi uang) susah turun anggaran," ungkap Rosa.

Dalam kesaksiannya itu, Rosa mengatakan uang yang diserahkan kepada Angie --sapaan Angelina Sondakh-- itu untuk uang muka anggaran proyek. "Saya tanya sama Bu Angie, Bu ini untuk apa ya? Terus Bu Angie bilang, biasa untuk pimpinan-pimpinan kita di Banggar," ujar dia.

"Akhirnya, saya laporan kepada Bapak (Nazaruddin). Saya bilang kita didesak Bu Angie. Bu Angie bilang kalau nggak ada uang, anggaran proyek Kemenpora tidak turun. Tetapi saya lupa kertasnya ada di mana. Saya lapor Pak nazar. Pak, ini ada permintaan dari Bu Angie, minta uang untuk melancarkan proyek-proyek di Kemenpora," cerita Rosa.

Menurut Rosa, permintaan Angie kepadanya itu dilakukan dengan menggunakan istilah. Namun, semuanya mengarah pada permintaan uang. "Semua mengarah kepada uang, semangka rupiah, apel rupiah, Washington dolar AS, pelumas rupiah. Istilah itu digunakan, kata Bu Angie, agar tidak vulgar," katanya.

Dalam kasus ini, Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Demokrat, Angelina Sondakh, membantah adanya praktik jual-beli proyek Wisma Atlet SEA Games di Palembang oleh anggota DPR. Bantahan tersebut dikemukakan Angie dalam pemeriksaan terhadap dirinya di KPK. Beberapa kali Angie diperiksa terkait kasus suap Wisma Atlet SEA Games yang melibatkan Nazaruddin, mantan anggota DPR dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat. (umi)

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024