Medan Sulit, Polda Papua Diberi Pesawat

Pesawat Cassa Skytruck milik Polri
Sumber :

VIVAnews - Polda Papua akan mendapatkan bantuan berupa pesawat dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Bantuan itu diberikan untuk menunjang operasional polisi di Papua yang dikenal memiliki medan cukup sulit.

"Dalam waktu dekat akan disiapkan pesawat Skytruck untuk Polda Papua guna menunjang kinerja menjaga Kamtibmas, terutama di sejumlah kabupaten di Papua yang kerap terjadi kerusuhan," ujar Aziz Syamsudin kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja di Polda Papua, 26 Januari.

Tak hanya pesawat Skytruck, DPR juga akan memberikan bantuan berupa helikopter untuk Poda Papua. Untuk helikopter ini, masih dicek apakah armada di daerah lain ada yang bisa dialihkan ke Papua. "Kalau keberadaan heli di wilayah lain kurang optimal penggunaannya, maka akan diupayakan dipindahkan ke Papua," ucap Aziz.

Menurut dia, kunjungan rombongan Komisi III ke Papua juga untuk membahas serta melihat langsung kondisi terakhir provinsi paling timur Indonesia. "Kami dengan Polda juga membahas gejolak Papua salah satunya Freeport, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penanganan Kamtibmas," ungkapnya.

Aziz mengatakan, sebenarnya perbandingan jumlah personel Polisi dengan masyarakat di Papua, sudah sangat ideal. Namun, kondisi geografis yang sangat sulit menjadi salah satu kendala dalam penanganan Kamtibmas. "Satu polisi berbanding 192 masyarakat sudah sangat ideal, tapi kondisi wilayah yang sebagian besar mesti ditempuh dengan pesawat, menjadi salah satu tantangan dalam menjaga situasi Kamtibmas disamping faktor lain yakni budaya," ucapnya.

Fasilitas lain yang harus dipenuhi untuk menunjang kinerja Polda Papua adalah alat komunikasi. "Peralatan komunikasi yang minim juga menjadi kendala dalam memantau atau memonitor kondisi kamtibmas di sejumlah kabupaten di Papua," paparnya.

Sebelumnya Polda Papua memiliki tiga pesawat Skytruck. Namun pesawat itu jatuh di Sarmi, Puncak Jaya, dan Nabire. Sehingga sejak tahun 2010 lalu, Polda tak memiliki armada tersebut. Dalam kunjungannya ke Papua, DPR RI juga akan melakukan kunjungan ke KRI Dewaruci yang sedang bersandar di Pelabuhan Porasko Jayapura dan juga akan melakukan audiens dengan Pemda Papua. (eh)

Asosiasi Pede Tembakau Alternatif Punya Risiko Lebih Rendah dari Rokok Konvensional
Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Laino Raha (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Ribuan warga menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Laino Raha, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin, 13 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024