SBY Minta Aksi Anarki di Bima Ditindak Tegas

Kantor Bupati Bima dibakar massa
Sumber :
  • VIVAnews/Edy Gustan

VIVAnews - Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengetahui peristiwa pembakaran kantor Bupati di Bima hari ini.

"Ya sesungguhnya seperti yang terjadi hari ini di Bima, beberapa waktu yang lalu pernah dilaporkan terkait dengan kerusuhan di tempat yang sama," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 26 Januari 2012.

Presiden meminta seluruh instansi terkait agar segera melakukan antisipasi agar peristiwa hari ini tidak merembet menjadi destruktif dan anarkis. "Bapak Presiden telah menginstruksikan kepada Menkopolhukam untuk bersama-sama dengan Kapolri melakukan langkah antisipasi untuk menghindari tindakan-tindakan yang sifatnya destruktif. Apalagi anarkis," ujarnya.

Julian menuturkan, presiden juga minta pelaku pelanggar hukum ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. "Tentu karena kita tahu bahwa ada kejadian-kejadian yang masih terus berlangsung itu akan sepenuhnya diproses secara hukum. Sebagaimana hukum yang berlaku di sini," ujarnya.

Aksi massa yang tergabung dalam Front Rakyat Anti Tambang berlangsung anarkis. Kantor Bupati Bima dibakar hingga rata dengan tanah. Semua fasilitas milik kantor Bupati hangus dilalap api.

Tak hanya itu, mereka juga mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Bima untuk meminta pembebasan rekan mereka yang ditangkap polisi terkait pendudukan Pelabuhan Sape, 24 Desember 2011 lalu.

Karena takut terjadi pengrusakan terhadap fasilitas milik lembaga pemasyarakatan, akhirnya Kepala Lapas Bima Sukarman Husein melepaskan 43 tahanan.

Sukarman Husein mengatakan, pembebasan tahanan itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi aksi pengrusakan oleh warga. Meski begitu pihaknya tetap akan melakukan tindakan-tindakan lanjutan untuk menegakkan supremasi hukum.

"Ya, 43 tahanan itu dikeluarkan dari tahanan dan dibawa pulang oleh massa. Itu dilakukan atas berbagai pertimbangan terutama keamanan," kata Sukarman Husein kepada VIVAnews.com, Kamis 26 Januari 2012.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024