Akibat Hujan Angin, Jalan Ambles 2 Meter

Pohon Tumbang di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hujan deras disertai angin yang terus-menerus menyebabkan jalan yang menghubungkan empat kampung di Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ambles sedalam 2meter.

Empat kampung tersebut, adalah Kampung Cikembang, Kampung Bobojong, Kampung Undrus, dan Kampung Cileungis. Jalan yang berlokasi di atas sebuah tebing curam tersebut memiliki panjang 700 meter, sementara luas longsoran sendiri sepanjang 15 meter. Penduduk di empat kampung tersebut sebanyak 800 kepala keluarga.

"Kami baru mengecek lokasi dan menghitung kerugian sementara. Kami sedang berkordinasi dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan Dinas terkait lainnya karena ini merupakan akses utama," kata Sekretaris Desa Caringin Wetan Ade Setiawan, Selasa 31 Januari 2012.

Ia menambahkan dampak amblesnya jalan ini sangat besar mempengaruhi aktivitas warga. "Masyarakat di empat kampung tersebut terpaksa harus menggunakan jalan Desa Talaga untuk akses menuju Sekolah, Pasar Ikan Cibaraja dan Kantor Kecamatan Caringin, dengan jarak empat kilometer lebih jauh," jelasnya.

Jalur alternatif yang jaraknya kebih jauh itu pun hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jalan yang ambles ini satu-satunya akses yang bisa dilewati kendaraan roda empat.

Jalan ini baru dibangun warga melalui anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dengan nilai Rp190 juta pada 2011. Jalan tersebut usulan warga untuk mempermudah akses menuju kantor pemerintahan setempat, jalur bagi para pelajar di empat kampung untuk berangkat ke sekolah, dan merupakan jalur utama pengangkutan hasil pertanian dan perikanan warga karena satu-satunya akses yang bisa dilewati kendaraan besar. (kd)

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi
Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024