Amir Syamsuddin Soal Kasus Nenek Rasminah

Amir Syamsuddin
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin angkat bicara soal kasus hukum yang menjerat Rasminah, nenek berusia 55 tahun yang dituduh mencuri 6 buah piring.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Amir mengatakan semangat untuk menerapkan hukum acara terhadap pelaku tindak pidana ringan, jangan sampai mengabaikan keadilan.

"Jangan terlalu kaku memperlakukan mereka, perlu melakukan restorative justice," kata Amir Syamsuddin di kantor Kemnkumham, Jakarta, Rabu 1 Februari 2012.

Amir menjelaskan meski penerapan restorative justice nantinya akan terkendala terhadap potensi pelanggaran hukum acara. Agar tidak terulang, kedepan Amir menyatakan akan mengupayakan payung hukum melalui perbaikan dan penyempurnaan undang-undang mengakomodir kasus-kasus yang berpotensi melukai rasa keadilan masyarakat.

"Ada semanagat kita untuk memperlakukan orang yang termarjinalkan ini tadi, sehingga tidak terkesan yang menjadi tudingan tajam ke bawah tumpul di atas," ujarnya.

Namun Amir menambahkan, bukan berarti setiap tindak kejahatan yang dilakukan anak-anak dan orang miskin yang kemudian diproses hukum dianggap sebagai pelanggaran HAM. "Ini perlu diluruskan, pelanggaran apapun juga sama aturannya dalam hukum acara, ada putusan pengadilan kita tidak serta merta menyalahkan putusan hukum. Sebenarnya prsoses sudah sesuai dengan hukum tapi soal keadilan itu yang kemudian menggaggu," ujarnya.

Senada dengan Amir, Wamenkumham Denny Indrayana menyatakan Kemkumham telah membentuk forum Mahkumjakpol yang terdiri dari Mahkamah Agung, Kemenkumham, Kejaksaan Agung dan Kepolisian. Forum ini kata Denny untuk mendiskusikan dan mencari solusi atas kasus-kasus yang melukai rasa keadilan masyarakat.

"Kasus nenek Rasminah didentifikasi sebagai kasus yang sangat tepat dikaitkan undang-undang tentang bantuan hukum yang kita berikan sebagai akses pencari keadilan terutama bagi kelompok yang rentan dan anak-anak miskin," kata Denny.

Pesta kemenangan Indonesia U-23 di Brebes

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Euforia kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat dini hari WIB 26 April 2024 sangat terasa di Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024